20 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dua Beruang Madu Terjerat Perangkap Babi di Abdya, Ini Kata Petugas TNGL

...

  • ANTARA
  • 12 June 2019 09:30 WIB

Beruang madu (Helarctos malayanus) terkena jeratan babi di perkebunan kelapa sawit di Desa Lubuk, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, Selasa (11/6/2019). (Antara Aceh/Khalis)
Beruang madu (Helarctos malayanus) terkena jeratan babi di perkebunan kelapa sawit di Desa Lubuk, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, Selasa (11/6/2019). (Antara Aceh/Khalis)

BLANGPIDIE - Petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Blangpidie bersama masyarakat menemukan dua satwa liar beruang madu (Helarctos malayanus) di kawasan hutan Desa Ladang Neumbok, Kecamatan Jeumpa, Aceh Barat Daya.

"Dua ekor beruang madu yang terjerat ini berjenis kelamin jantan dan betina, keduanya cedera pada kaki akibat terkena jeratan babi milik warga," kata petugas TNGL Baiturrahmat, Selasa, 11 Juni 2019, malam.

Satwa liar yang dilindungi ini ditemukan warga pada Selasa siang saat pulang dari kebun. Tanpa sengaja, warga melihat dua satwa dalam kondisi terperangkap.

Khawatir atas keselamatan kedua satwa ini, warga bernama Bashir tersebut melaporkan temuan ini kepada warga lainnya di desa. Warga kemudian menghubungi petugas Taman Nasional Gunung Leuser dan BKPH Kabupaten Aceh Barat Daya guna mendapatkan pertolongan.

"Kami juga sudah meminta bantuan BKSDA Aceh dan pihak terkait lainnya untuk melakukan evakuasi dua ekor beruang madu yang terjerat ini," kata Baiturrahmat.

Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Agung Widodo mengatakan agar satwa liar tersebut hingga Selasa malam masih dijaga oleh warga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Masyarakat juga melakukan penjagaan di lokasi dengan sukarela karena khawatir jerat yang terperangkap putus dan akan menyerang warga sekitar," kata Agung Widodo.

Menurut keterangan warga, satwa liar yang dilindungi tersebut terjerat perangkap yang dipasang oleh pemburu babi. Namun nahas yang terjerat adalah dua ekor beruang madu yang memiliki cakar panjang.

Saat berita ini ditulis, Selasa malam, tim evakuasi dipimpin BKSDA Aceh beserta pihak NGO/LSM dalam perjalanan menuju lokasi untuk mengevakuasi satwa yang masih terjerat perangkap di dalam hutan Kabupaten Aceh Barat Daya.

Reporter: Teuku Dedi Iskandar.[]Sumberantaranews.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.