31 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dua Gampong di Aceh Utara Diterjang Banjir Rob

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 20 July 2019 19:30 WIB

Banjir rob menerjang dua gampong di Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara. Foto istimewa
Banjir rob menerjang dua gampong di Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara. Foto istimewa

LHOKSUKON - Banjir rob menerjang dua gampong di Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, mengakibatkan belasan rumah terendam, Sabtu, 20 Juli 2019 pagi. Dua gampong tersebut Lhok Puuk dan Matang Puntong. Luapan air laut pasang itu juga merendam sejumlah ruas jalan dan tambak ikan.

M. Hasan, warga Gampong Lhok Puuk, kepada portalsatu.com menyebutkan, banjir rob biasa terjadi saat pasang purnama, berkisar antara dua hingga tiga hari. 

"Ketinggian luapan air laut di pemukiman warga bervariasi, ada yang hanya tergenang halaman rumahnya, ada pula yang masuk ke dalam rumah hingga lutut orang dewasa. Kondisi ini sudah sering terjadi di Seunuddon, namun sejauh ini warga masih bertahan di rumah masing-masing," ujar Hasan.

Sementara di Gampong Matang Puntong, luapan air laut itu hanya merendam bangunan di lokasi objek wisata.

"Di sini, lokasi wisata terrendam, seperti fasilitas kantin dan mushalla, termasuk pematang tambak ikut putus karena diterjang air laut. Ini sudah biasa terjadi," kata M. Nasir, tokoh masyarakat Matang Puntong.

Camat Seunuddon, Fatwa Maulana saat dihubungi terpisah via telepon seluler membenarkan, banjir rob akibat pasang purnama itu berdampak ke Gampong Lhok Puuk dan Matang Puntong. Pihaknya sedang mendata rumah-rumah yang terendam banjir tersebut.

"Hal ini sudah kita laporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara. Kejadian ini biasanya memang terjadi sekali dalam sebulan, karena pasang purnama, pasang alam itu," ucapnya.

Menurut dia, di kawasan Lhok Puuk perlu dipasang batu gajah untuk menahan terjangan air laut saat terjadi pasang purnama. "Saya rasa jika dipasang batu gajah sekitar 2 kilometer lagi, akan memadai," pungkas Fatwa Maulana.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.