20 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dua Jemaah Dirawat di Asrama Haji Usai Mendarat di Aceh

...

  • PORTALSATU
  • 07 September 2019 12:30 WIB

Foto: aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh
Foto: aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh

BANDA ACEH - Dua jemaah haji dari Kelompok Terbang 4 dirawat di klinik kesehatan asrama haji setelah mendarat di Aceh, Sabtu, 7 September 2019. Kedua jemaah asal Banda Aceh itu Ramli Usman (67) pascaoperasi jantung di Rumah Sakit Arab Saudi, dan Bukhari bin Bustamam Kasim (74) karena diagnosa demensia.

"Alhamdulillah, jemaah Kloter 4 sehat-sehat saja. Hanya dua jemaah yang kita bawa ke klinik asrama untuk perawatan lanjutan," ujar panitia kesehatan debarkasi Aceh, dokter Maya Sofia, dikutip dari laman resmi Kanwil Kemenag Aceh, Sabtu.

Sebanyak 388 jemaah haji dari Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh tergabung dalam Kloter 4 tiba Bandara Sultan Iskandar Muda, pukul 00.21 WIB.

Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Aceh, H. Saifudin, menjelaskan 388 jemaah itu dengan rincian 163 laki-laki dan 225 perempuan, selisih empat orang dari waktu berangkat karena satu orang meninggal dunia dan tiga lagi sudah pulang bersama Kloter 2. "Ada satu jemaah wafat, dan tiga lagi mutasi keluar," katanya.

Jemaah Kloter 4, Ibrahim Abdullah Amin (76) asal Kecamatan Simpang Tiga, Aceh Besar, meninggal dunia di Mekah, 15 Agustus lalu. Sementara tiga jemaah lagi, Juwariah Latif Musa, Abdullah Harun Yusuf dan Rustam Efendy Muhammad Yusuf, telah kembali bersama Kloter 2, Rabu (4/9).

Humas PPPIH, M. Nasril, mengatakan sudah 1.559 jemaah haji yang tiba di Aceh, masing-masing 392 jemaah Kloter 1, 388 jemaah Kloter 2, 391 jemaah Kloter 3 dan 388 jemaah Kloter 4.

"Masih ada 3.107 jemaah kita di Arab Saudi. Insya Allah, nanti malam, Sabtu (7/9) jemaah dari Kloter 5 juga akan tiba," jelas Nasril.

Dia menyampaikan bahwa seluruh jemaah haji Aceh yang masih di Arab Saudi sudah meninggalkan Mekah, semuanya sudah di Madinah, untuk melaksanakan ibadah Arbain, ziarah ke tempat sejarah dan persiapan kembali ke tanah air.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.