30 May 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dua PDP di Pidie Dinyatakan Negatif Terpapar Covid-19

...

  • ZAMAH SARI
  • 02 April 2020 15:55 WIB

Effendi. Foto istimewa
Effendi. Foto istimewa

SIGLI - Dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Tgk. Chik Ditiro Sigli, dinyatakan negatif dari Covid-19. Hasil itu diketahui setelah dilakukan rapid test, suatu alat metode skrining awal untuk antibodi seperti LgM dan LgG,  yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh apabila ada paparan virus corona.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Pidie,  Efendi, Kamis,  2 April 2020 mengatakan, berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan pihak dokter rumah sakit, dua pasien PDP ini dinyatakan negatif corona. 

"Hasil rapid test,  dua PDP yang selama ini dirawat di RSU Tgk Chik Ditiro, tidak terpapar virus corona, atau hasilnya negatif dari Covid-19," kata Jubir kepada portalsatu.com.

Menurutnya,  hasil pengecekan dengan rapid test, antibodi tidak terdeksi dalam tubuh. Bila antibodi ini terdeteksi dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus corona. Tapi pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu.

"Pada dua orang PDP ini sudah kita cek dan negatif. Namun masih ada satu PDP lain yang saat ini diisolasi di rumah belum dilakukan rapid test, " imbuh jubir yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie ini.

Perlu diketahui, katanya, rapid test hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendianogsa infeksi virus corona atau Covid-19.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.