15 November 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dua Siswa Aceh Utara akan Ikut Kompetisi Duta Siswa Sadar Hukum

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 09 November 2018 12:00 WIB

Pertemuan dua siswa SMAN 1 Tanah Jambo Aye dengan pihak Kejaksaan Negeri Aceh Utara, Kamis, 8 November 2018. Foto; Cut Islamanda
Pertemuan dua siswa SMAN 1 Tanah Jambo Aye dengan pihak Kejaksaan Negeri Aceh Utara, Kamis, 8 November 2018. Foto; Cut Islamanda

LHOKSUKON - Dua siswa SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye, Abdizil Ikram, dan Adila Syahra, akan mewakili Kabupaten Aceh Utara dalam kompetisi Duta Siswa Sadar Hukum tingkat provinsi di Banda Aceh, Senin, 12 November 2018 mendatang. Nantinya, mereka akan didampingi pihak Kejaksaan Negeri Aceh Utara.

Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Utara, Edi Winarto, S.H., M.H., melalui Kasi Intel, Erning Kosasih, S.H., kepada portalsatu.com, 8 November 2018, menyebutkan, mereka terpilih menjadi perwakilan Aceh Utara, setelah unggul menyisihkan puluhan peserta lainnya dalam kompetisi Duta Siswa Sadar Hukum tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Gedung Pusat Penjaminan Mutu Guru (PPMG) Aceh Utara, 11 Agustus 2018 lalu.

“Saat kompetisi Agustus lalu, kami sebagai narasumber, sementara PPMG sebagai pelaksana. Selain memberikan materi, kami juga menilai proses penyampaian materi siswa, judulnya, karakter siswa dan lainnya. Di tingkat provinsi proses penyaringan akan dilakukan Dinas Pendidikan yang bekerja sama dengan Kejaksaan Tinggi Aceh,” ujar Erning.

Erning mengatakan, pihaknya akan mendampingi dan men-support siswa tersebut hingga ke Banda Aceh. “Mereka akan berkompetisi pada tanggal 12, 13 hingga 14 November nanti di Banda Aceh. Kita akan ikut mendampingi memberi support dan saran agar mereka siap bertanding dan siap secara mental. Nantinya kita juga akan memberikan bahan-bahan, seperti tupoksi kejaksaan, kehidupan sosial ekonomi lingkungan, kenakalan remaja, KDRT, narkotika dan lainnya. Itu akan menjadi bahan masukan untuk kelengkapan materi mereka. Kami berharap tahun ini Aceh Utara bisa lebih baik, di tahun sebelumnya Aceh Utara mendapat juara II tingkat provinsi, sementara juara I tahun lalu diraih Lhokseumawe,” ungkap Erning Kosasih.

Kepala SMAN 1 Tanah Jambo Aye, Mawardi, saat mendampingi dua siswanya menemui pihak Kejaksaan Negeri Aceh Utara, mengatakan, program tersebut sangat bagus karena selain menambah wawasan siswa agar sadar hukum, hal tersebut juga melatih mental siswa untuk tampil di depan publik.

“Kita harapkan kegiatan ini bisa berjalan rutin setiap tahunnya. Sangat banyak nilai plus dalam kegiatan ini, mereka jadi lebih tahu apa itu hukum dan apa akibat yang harus diterima jika hukum itu dilanggar. Dua perwakilan siswa kita ini juga mengampanyekan kepada teman-temannya tentang pentingnya disiplin hukum dimulai dari hal terkecil, misalkan tidak datang terlambat, tidak membuang sampah sembarangan, siswa duduk rapi dan tidak berisik saat jam pelajaran dimulai dan lainnya. Itu semua peningkatan yang luar biasa,” pungkas Mawardi.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.