07 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dugaan Korupsi Beasiswa: Penyidik Polda Aceh akan Periksa 10 Pejabat

...

  • PORTALSATU
  • 13 January 2020 17:00 WIB

Foto: Khairul Anwar
Foto: Khairul Anwar

BANDA ACEH – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit. Reskrimsus) Polda Aceh pekan ini akan memeriksa sejumlah pejabat sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi beasiswa bersumber dari APBA 2017. Bantuan pendidikan berupa beasiswa melalui usulan atau aspirasi anggota dewan itu berada di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol. Ery Apriyono, menyebutkan dalam minggu ini penyidik akan memeriksa lima pejabat BPSDM dan lima pejabat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh.

“Penyidik akan menjemput bola, kalau memang pejabat terkait tidak datang ke Polda, penyidik yang akan ke kantor pejabat itu,” kata Ery Apriyono saat menerima perwakilan Aliansi Mahasiswa Peduli Pendidikan, di Ruang Dit. Reskrimsus Polda Aceh, Senin, 13 Januari 2020.

Dia juga menjelaskan, penyidik sedang melakukan koordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Aceh untuk menghitung jumlah kerugian keuangan negara dalam kasus tersebut.

“Saat ini penyidik melakukan koordinasi dengan BPKP Aceh. Nantilah pengembangan akan diberitahukan lagi, saat ini sedang dalam tahapan penyelidikan,” ujar Apriyono didamping Direktur Reskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol. T. Saladin.

Menurut dia, sejauh ini penyidik Polda Aceh telah memeriksa hampir 100 saksi. Tiga saksi telah mengembalikan uang ke penyidik mencapai Rp60 juta lebih.

“Dalam pengusutan kasus ini tidak ada kendala. Penyidik akan menjemput bola jika saksi pemerima (bantuan beasiswa itu berada) di luar Aceh,” kata Apriyono.[]

Penulis: Khairul Anwar

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.