19 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ejek Mesut Ozil, Menlu Jerman Tuai Kritik

...

  • ANADOLU AGENCY
  • 26 July 2018 20:00 WIB

Mantan Kanselir Jerman mengatakan, Menlu Jerman telah membuat pernyataan kontroversial yang berbau rasisme

BERLIN - Mantan Kanselir Jerman Gerhard Schroder pada Rabu mengecam Menteri Luar Negeri Heiko Mass yang mengeluarkan pernyataan kontroversial soal hengkangnya pesepak bola Jerman keturunan Turki Mesut Ozil dari timnas sepakbola Jerman.

Pertanyaan kontroversial Menlu Heiko Mass mengemuka saat menyangkal komentar Ozil yang mengklaim bahwa dirinya diakui sebagai warga negara Jerman hanya pada saat tim sepak bolanya menang dan sebaliknya pada saat kalah, dia hanya seorang imigran.

 “Saya tidak melihat kasus seorang kaya raya yang tinggal dan bekerja di Inggris memberitahu Anda tentang integrasi (situasi imigran) di Jerman,” sangkal Mass.

Pernyataan Menlu Jerman yang bernada ejekan terhadap Ozil tersebut menyulut kecaman dari Mantan Kanselir Jerman.  

"Ini benar-benar keterlaluan," kata Schroder, mantan pimpinan Partai Sosial Demokrat (SPD) kepada harian Suddeutsche Zeitung.

Schroder menekankan komentar yang disampaikan Menlu Jerman tersebut tidak ada kaitannya dengan pandangan Partai Sosial Demokratik. 

Pada Minggu, Mesut Ozil memutuskan berhenti dari tim nasional Jerman, karena mengalami diskriminasi dan propaganda rasis dalam beberapa bulan terakhir.

Sejak Mei, Ozil dikritik oleh politikus dan media Jerman, karena bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di London menjelang pemilihan umum Turki.

Dalam serangkaian cuitan, Ozil membeberkan alasan pertemuannya dengan orang nomor satu di Turki tersebut bukan didasari motif politik.

"Ini tentang saya menghormati pimpinan tertinggi negara keluarga saya," jelas Ozil. 

Ozil mengatakan politikus sayap kanan dan media telah sengaja menggunakan fotonya dengan Erdogan “untuk menyebarkan kebencian rasisme” menjelang Piala Dunia. 

Meskipun kerap mendapat pesan kebencian, ancaman lewat telepon, dan komentar rasis di media sosial, Ozil sama sekali tidak ditolong oleh Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) maupun pimpinannya, Reinhard Grindel.[]Sumber:anadolu agency

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.