20 January 2021

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ekonomi Aceh Alami Kontraksi, Angka Kemiskinan Masih Tinggi

...

  • portalsatu.com
  • 08 September 2020 11:24 WIB

Ilustrasi @google
Ilustrasi @google

Ekonomi Aceh mengalami kontraksi sebesar 1,82 persen, tingkat pengangguran terbuka 5,42 persen, sementara angka kemiskinan masih tinggi yakni 14,99 persen.

BANDA ACEH – Bank Indonesia (BI) merilis Laporan Perekonomian Provinsi Aceh Agustus 2020 dalam laporan Kajian Ekonomi Regional, 31 Agustus 2020. Dalam laporan setebal 83 halaman itu terungkap bawah kinerja ekonomi Aceh triwulan II 2020 terkontraksi 1,82 persen. Angka tersebut lebih rendah dari triwulan sebelumya yang tumbuh 3,17 persen.

Kontraksi terjadi dikarenakan defisit neraca ekspor  antar daerah yang melebar, serta negatifnya ekspor luar negeri. Sementara itu dari sisi lapangan usaha, kontraksi ekonomi utamanya disebabkan oleh anjloknya dunia transportasi dan pergudangan serta perdagangan besar dan eceran. Meski demikian BI mempredikasi ekonomi Aceh akan pada triwulan III 2020.

Kinerja keuangan Pemerintah Aceh pada triwulan II 2020 secara garis besar mengalami penurunan. Pada persentase realisasi pendapatan, baik berupa APBN maupun APBA/APBK se-Aceh menurun dibandingkan periode sebelumnya. Realisasi belanja APBK se-Aceh juga mengalami penurunan persentase. Sedangkan belanja APBN mengalami kenaikan secara persentase, namun mengalami penurunan pada nominal capaian realisasi.

Sementara itu inflasi provinsi Aceh pada triwulan II 2020 sebesar 1,36 persen, menurun dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 3,84 persen. Namun demikian angka tersebut tercatat lebih tinggi dari inflasi Sumatera. Penurunan tingkat inflasi di Aceh terjadi seiring menurunnya harga komoditas pada kelompok makanan, minuman dan tembakau, serta inflasi pada kelompok informasi komunikasi dan jasa keuangan.

Begitu juga dengan ketenagakerjaan dan kesejahteraan masyarakat Aceh, jumlah pengangguran tidak mengalami penurunan yang signifikan. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) hingga bulan Februari 2020 tercatat sebesar 5,42 persen, sementara tingkat kemiskinan tercatat sebesar 14,99 persen pada Maret 2020.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2021 All Rights Reserved.