25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Empat Pesawat Hercules Bantuan Kemanusiaan Rohingya Transit di Aceh

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 13 September 2017 13:01 WIB

JANTHO - Empat unit pesawat Hercules milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) yang rencananya digunakan untuk mendukung bantuan sosial (Bansos) kemanusiaan Rohingya bakal mendarat di Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh, Rabu, 13 September 2017.

Komandan Lanud SIM, Kolonel Pnb Suliono SSos, melalui Kepala Penerangan Lanud SIM Kapten Sus Dhanu mengabarkan, keempat pesawat tersebut dilepas langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sekitar pukul 10.24 WIB, dari Lanud Halim Perdanakusuma.

"Jumlah 4 pesawat dan datangnya selang 20 sampai 30 menit," kata Kapten Sus Dhanu saat dikonfirmasi portalsatu.com, Rabu, 13 September 2017.

Keempat pesawat yang diberangkatkan dari Jakarta tersebut diperkirakan akan tiba di Aceh sekitar pukul 13.10 WIB. 

Sus Dhanu mengatakan Lanud Blangbintang dipercaya menjadi posko bantuan kemanusiaan untuk Rohingya. "Nah, pergerakan pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan akan transit terlebih dahulu, sambil menunggu keempat pesawat Hercules berkumpul di Lanud SIM," kata Dhanu menjelaskan kenapa pesawat tersebut tidak langsung terbang ke Myanmar.

Dia mengatakan, jarak dari Jakarta ke Bangladesh, tepatnya Chitangong, cukup jauh. Maka untuk memastikan apakah bansos untuk Rohingya mampu diangkut ke sana diperlukan pengecekan terlebih dahulu di Lanud SIM Blangbintang.

"Seandainya tidak (mampu diangkut) akan disimpan terlebih dahulu di SIM. Kegiatan dukungan bansos ini rencananya akan berlangsung hingga 29 September 2017 mendatang. Sementara kargo yang diangkut, info yang kami terima adalah Tim satgas bansos, barang-barang bansos. Tidak terbang kosong," katanya.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.