20 January 2021

Kabar Aceh Untuk Dunia


Enam Rumah Warga Porang Terancam Ambruk ke Sungai

...

  • Win Porang
  • 09 November 2020 20:35 WIB

Rumah Salihin Aman Irul warga desa Porang nyaris ambruk ke sungai [Foto: Win Porang]
Rumah Salihin Aman Irul warga desa Porang nyaris ambruk ke sungai [Foto: Win Porang]

Beberapa tahun yang lalu, rumah Aman Irul yang lokasinya sekitar 300 meter dari yang sekarang juga pernah ambruk akibat dikikis air, itupun baru diperbaiki pemerintah daerah setelah bangunan tidak bisa ditempati lagi.

BLANGKEJEREN --  Enam unit rumah warga desa Porang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues terancam ambruk ke sungai akibat abrasi sungai Jahul. Salah satunya rumah milik Salihin Aman Irul, tim sukses sukses Bupati dan Wakil Bupati Amru-Said Sani Pilkada 2017 lalu.

Salihin Aman Irul, Senin, 9 November 2020 di desa Porang mengatakan, setiap musim hujan arus sungai Jahul selalu tinggi dan deras membuat tebing sungai erosi, hingga rumahnya terancam ambruk ke sungai.

"Kamar mandi kami sudah nyaris ambruk posisinya, dan ketika musim hujan, kami selalu was-was, bahkan merasa tidak nyaman karena tidak bronjong ataupun tembok penahan air sungai," katanya.

Beberapa tahun yang lalu, rumah Aman Irul yang lokasinya sekitar 300 meter dari yang sekarang juga pernah ambruk akibat dikikis air, itupun baru diperbaiki pemerintah daerah setelah bangunan tidak bisa ditempati lagi, sehingga dirinya harus pindah membuat rumah baru di tempat yang sekarang.

"Kami sangat berharap agar pemerintah daerah segera melakukan perbaikan sebelum rumah kami hanyut seperti yang sebelumnya, sehingga kami tetap bisa tinggal di rumah kami ini. Kalau ambruk dulu baru dilakukan perbaikan, kami terpaksa pindah lagi dan harus mengeluarkan biaya pembuatan rumah lagi," pintanya.

Selain rumah Aman Irul, rumah tetangganya di jalan Porang-Anak Reje itu juga sudah nyaris ambruk, dan ketika dibukakan pintu belakang rumah langsung ke jurang yang di bawahnya air mengeruk tanah pondasi rumah, jika posisi ini tetap dibiarkan berlarut-larut, enam kepala keluarga itu akan mengalami kerugian yang besar.

Suhaidi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gayo Lues, Suhaidi, belum bisa dikonformasi terkait kondisi enam rumah warga yang terancam ambruk ke sungai tersebut.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2021 All Rights Reserved.