23 May 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Erdogan Beri Selamat Mahathir Mohamad atas Kemenangannya

...

  • ANADOLU AGENCY
  • 13 May 2018 15:00 WIB

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. @Anadolu Agency
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. @Anadolu Agency

Mahathir Mohamad disumpah sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-7

ISTANBUL - Presiden Recep Tayyip Erdogan memberi selamat kepada Perdana Menteri Malaysia yang baru diangkat, Mahathir Mohamad, melalui telepon pada hari Sabtu.

Menurut sumber-sumber presidensial, Erdogan mendoakan kesuksesan Mahathir dan menekankan pentingnya meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara.

Mahathir, 92 tahun, yang memimpin aliansi oposisi meraih kemenangan mengejutkan dalam pemilihan parlemen hari Rabu, disumpah sebagai perdana menteri Malaysia yang ketujuh pada Kamis.

Koalisi oposisi pimpinan Mahathir, Harapan Rakyat, mengamankan 122 deputi di parlemen yang memiliki 222 kursi, cukup untuk membentuk pemerintah.

Mantan Perdana Menteri Najib Razak menerima hasil pemilihan setelah Organisasi Nasional Malaysia-nya yang berkuasa (UMNO) hanya memenangkan 79 kursi di parlemen.

Dengan hasil pemilihan Rabu, UMNO, yang didirikan oleh Mahathir, kehilangan kursi pengemudi untuk pertama kalinya sejak Malaysia merdeka tahun 1957.

Mahathir adalah perdana menteri negara itu selama 22 tahun, antara 1981 dan 2003, membuatnya menjadi pemimpin yang menjabat paling lama di negara itu. Ia juga dikenal sebagai teman dekat Erdogan.[]Sumber:anadoluagency

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.