20 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Fakta-Fakta J-20, Jet Tempur Siluman China Saingan F-35

...

  • MERDEKA
  • 08 September 2019 18:00 WIB

Pesawat Siluman J-20 milik China. Foto Merdeka.com
Pesawat Siluman J-20 milik China. Foto Merdeka.com

Militer China kini memiliki jet tempur yang bisa menjadi saingan Amerika Serikat. Jet tempur militer China, Chengdu J-20, akan fokus mengudara di Selat Taiwan dan kegiatan militer antara Jepang dan Amerika Serikat. Pasukan militer China, Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat menjadikan J-20 sebagai pesawat andalan.

Seperti diketahui, China dan Amerika Serikat saat ini tengah bersaing dalam bidang penjualan alutsista. Untuk jet tempur, Amerika Serikat mengandalkan F-35 Lightning. Sedangkan China mengandalkan Chengdu J-20.

Lalu bagaimana kecanggihan Chengdu J-20 milik militer China? Berikut penjelasannya:

Jet Tempur Siluman Andalan China

Chengdu J-20 menjadi jet tempur siluman andalan China. Jet tempur ini pertama kali mengudara pada tahun 2011. Jet Chengdu J-20 memiliki fitur siluman, seperti kerangka yang tajam dan lancip serta menggunakan material canggih untuk meminimalisir deteksi radar.

"Jet tempur siluman itu akan meningkatkan kemampuan tempur aviasi komprehensif China dan membuatnya semakin mampu melindungi keamanan, kedaulatan, dan integritas teritorial," tulis Xinhua mengutip Juru Bicara PLA, Shen Jinke.

Pakai Mesin Modifikasi

Menurut seorang pakar penerbangan yang dikutip dari media South China Morning Post, J-20 menggunakan mesin modifikasi WS-10 B dari jet tempur produksi lama, seperti J-10 dan J-11. Sehingga, daya kekuatan mesin J-20 diprediksi tak begitu kuat dan akan sulit untuk menandingi kapabilitas jelajah dan kecepatan F-22 Raptor AS.

Selain itu, mesin WS-10 B meninggalkan jejak sisa pembakaran di udara saat dipacu dalam kecepatan tinggi, yang justru akan mengurangi maksud dari fitur siluman pesawat J-20.

Di sisi lain, WS-15 B, mesin teranyar dan versi termutakhir dari WS-10B, belum optimal untuk diinstalasi pada jet tempur generasi terbaru seperti J-20.

Kecepatan Lebih dari 2.470 KM/Jam

Chengdu J-20 memiliki kecepatan tinggi mencapai lebih dari Mach 2 atau sekitar 2.470 kilometer per jam, dengan ketinggian hingga 20 kilometer dan radius tempur mencapai 1.100 kilometer.

J-20 juga mampu membawa hingga enak rudal air to air dan mampu mengangkut rudal jarak jauh dan bom kendali.

Penulis: Fellyanda Suci Agiesta.[]Sumber: merdeka.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.