11 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Forum Pembauran Kebangsaan Aceh dan Riau Dorong Pembentukan FPK Nasional

...

  • portalsatu.com
  • 12 December 2019 13:30 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANDA ACEH - Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau dan FPK Aceh mendorong pembentukan FPK Nasional. Kesepekatan ini diperoleh saat kunjungan dua hari sejumlah pengurus FPK provinsi di ujung Sumatera itu ke Bumi Lancang Kuning, Rabu-Kamis, 11-12 Desember 2019.

Pada hari terakhir kunjungan itu, pengurus FPK Aceh berkesempatan ngopi bareng di Kimteng Senapelan Pekanbaru, Kamis. Tampak hadir sejumlah pengurus FPK Aceh, yakni Wakil Ketua Ahmad Husen, dan anggota Taslim, Muhibudin, Kho Kie Siong, M. Daud Yusuf serta tiga dari Kesbangpolinmas Provinsi Aceh, M. Fauzi, Ainul Marliah dan Ainun Mardiah.

Sementara pengurus FPK Riau hadir Kabid Organisasi FPK Riau yang juga Ketua Persatuan Masyarakat Aceh (Permasa) Riau, Jamaludin Badai, Sekretaris FPK Riau, Jailani, Wakil Ketua, Peng Suyoto dan Dato Nasir Panyalai, Wakil Sekretaris Eva Firman dan Safianus Zai, Wakabid Pendidikan, Prof. Dr. Isyandi serta Bidang Media, Saparudin Koto.

Di kedai Kopi Lengendaris itu ketua pengurus FPK saling berbagi informasi tentang pembauran kebangsaan di daerahnya masing-masing. "Kita berterima kasih kepada FPK Riau atas layanannya selama kami berada di sini. Semoga pada satu waktu nanti FPK Riau juga melakukan kunjungan balasan ke Bumi Serambi Mekah," ujar Wakil Ketua FPK Aceh, Ahmad Husen.

Sekretaris FPK Riau, Jailani, menyambut baik kedatangan pengurus FPK Aceh di Pekanbaru. "Kita menyambut baik kedatangan sahabat-sahabat kita dari Provinsi Aceh. Semoga jalinan silahturahmi ini terus terikat dengan baik," katanya.

FPK Nasional

Sehari sebelumnya, Rabu, FPK Aceh diterima FPK Provinsi Riau di Kantor Kesbangpolinmas provinsi itu. Pada acara silahturahmi dan diskusi kedua pihak juga menandatangani MoU terkait kesepakatan untuk membuat kegiatan bersama dan mendorong pembentukan FPK Nasional atau FPK RI.

Naskah kerja sama ditandatangani Ketua FPK Riau, Ir. AZ Fachri Yasin, M.Agr., dan Ketua FPK Aceh, Prof. Dr. Syahrizal Abas, M.A. Penandatanganan naskah kerja sama disaksikan sejumlah pengurus FPK Riau dan FPK Aceh.

Sekretaris FPK Riau, Jailani mengungkapkan, FPK sudah terbentuk di sejumlah provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. Namun, hingga saat ini belum ada FPK RI atau FPK Nasional. Karena itu FPK Aceh dan FPK Riau serta sejumlah FPK provinsi lainnya mendorong pembentukan FPK Nasional.

"Sejumlah FPK Provinsi termasuk Riau, sudah menginisiasi pembentukan FPK Nasional. Kali ini kita mendorong segera terbentuknya forum tersebut di tingkat nasional. Harapan kita FPK RI segera terbentuk,” ujar Jailani.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.