17 February 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


[Foto] Bermain Patok Lele di Dayah Guci

...

  • PORTALSATU
  • 28 June 2017 16:00 WIB

@Irman/portalsatu.com
@Irman/portalsatu.com
@Irman/portalsatu.com
@Irman/portalsatu.com
@Irman/portalsatu.com
@Irman/portalsatu.com

Alif, baru tamat sekolah dasar, tidak mengenal permainan patok lele. Teman-teman sekampungnya di Dayah Guci, Teupin Raya, Pidie, juga merasa asing dengan permainan tradisional itu.

Kupeu nyan? (untuk apa itu?)” Alif bertanya ketika ia ditunjukkan peralatan permainan patok lele, 26 Juni 2017. “Han tom maen (tidak pernah bermain),” ujar Alif.

Farhan yang sudah duduk di bangku SMK mengaku pernah bermain patok lele. Namun, ia menggelengkan kepalanya saat diminta menggunakan peralatan permainan tersebut. Farhan tidak ingat lagi cara bermain patok lele, dan ia tidak tertarik untuk belajar kembali permainan tersebut. “Han ek lon (tidak mau saya),” kata dia dengan suara lebih kepada dirinya sendiri.

Beda dengan Farhan yang sudah remaja, sejumlah bocah usia taman kanak-kanak dan sekolah dasar di Dayah Guci tampak tertarik ketika diajarkan permainan patok lele. Adil dan Fahlevi, misalnya. Setelah diajarkan di bawah pengawasan orang tua, keduanya langsung bermain patok lele dengan riang gembira sampai keringat membasahi bajunya.

Satu demi satu bocah lainnya yang merupakan tetangga mereka kemudian turut bergabung, belajar patok lele dan bermain bersama diwarnai canda tawa. Permainan tradisional itu tampak membuat masa kecil mereka lebih ceria, tanpa harus mengeluarkan uang satu rupiah pun. (Baca: Bermain Patok Lele yang ‘Ka Hana le’)

Editor: IRMANSYAH D GUCI

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.