24 January 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


[Foto] Masyarakat Ulee Jalan Bangun Jalan

...

  • PORTALSATU
  • 24 December 2018 13:30 WIB

Pembangunan jalan rabat beton di Lorong Tgk. Jafar Dusun Sejahtera Gampong Ulee Jalan, 24 Desember 2018. Foto: Istimewa
Foto: istimewa
Foto: istimewa
Foto: istimewa

LHOKSEUMAWE - Puluhan warga Gampong Ulee Jalan, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, dilibatkan dalam pekerjaan membangun jalan rabat beton di Lorong Tgk. Jafar Dusun Sejahtera, Senin, 24 Desember 2018.

Pembangunan jalan rabat beton sepanjang 39 meter itu membutuhkan biaya Rp16 juta lebih bersumber dari dana desa tahun 2018. "Sebelumnya, jalan di Lorong Tgk. Jafar ini dalam kondisi rusak, terdapat lubang di sejumlah titik, sehingga kita membangun jalan rabat beton yang baru agar memudahkan masyarakat saat melintas," ujar Usman, Kepala Lorong (Keplor) di Dusun Sejahtera.

Usman menjelaskan, pekerjaan pembangunan jalan rabat beton itu melibatkan puluhan warga setempat. Mereka bahu membahu mengangkut pasir dan mengaduk semen untuk membangun jalan rabat beton. "Hasilnya, selain bermanfaat untuk gampong yaitu tersedianya jalan rabat beton yang bagus, dana desa juga bermanfaat untuk masyarakat yang terlibat sebagai pekerja. Artinya, ongkos untuk pekerjaan jalan ini bisa dinikmati masyarakat," katanya.

Menurut Usman, untuk tahun 2019, pihaknya berencana membangun jalan rabat beton di sejumlah lorong lainnya. Selain itu, membangun penutup saluran/parit. "Ke depan kita juga ingin membangun semacam monumen sebagai tanda batas Gampong Ulee Jalan dengan Gampong Uteun Bayi," ujar Usman.

Usman menambahkan, selain pembangunan fisik (infrastruktur) gampong, ke depan dana desa juga akan direalisasikan untuk program/kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, pemerhati pembangunan di Lhokseumawe, Herman Ibrahim, mengapresiasi kebersamaan masyarakat Ulee Jalan dalam mewujudkan pembangunan di gampong itu. "Dengan kebersamaan, mereka menampilkan hak dan kewajiban sebagai masyarakat. Dengan kata lain, 'stop saling menyalahkan'. Jadi, dengan tekad yang kuat sekaligus terlibat langsung di lapangan membangun gampong ke arah lebih baik dengan asas musyawarah mufakat," ujar Herman usai menyaksikan pembangunan jalan rabat beton di Lorong Tgk. Jafar itu.

Herman menilai, setiap pemerintah gampong di Lhokseumawe juga perlu menyusun database gampong. "Baik database infrastruktur, sosial hingga perekonomian. Dengan adanya database gampong, maka penggunaan dana desa bisa tepat sasaran dan sesuai skala prioritas," katanya.

Selain itu, kata Herman, dengan adanya database gampong sehingga program/kegiatan dari dana desa tidak akan tumpang tindih dengan program/kegiatan bersumber dari APBK Lhokseumawe. "Dan, Pemko Lhokseumawe diharapkan memberikan penghargaan kepada gampong-gampong yang berhasil menyusun database dengan baik," ujar Herman.[]
 

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.