11 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Gagal Berdamai dengan Bupati Shabela di Kejati Aceh, Ini Kata Wabup Firdaus

...

  • PORTALSATU
  • 06 July 2020 16:50 WIB

Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus, memberi keterangan kepada para wartawan di Kejati Aceh. Foto: Khairul Anwar
Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus, memberi keterangan kepada para wartawan di Kejati Aceh. Foto: Khairul Anwar

BANDA ACEH - Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus, mengatakan ia dan Bupati Shabela Abubakar sepakat saling memaafkan. Namun, Bupati Shabela tidak bisa hadir ke Kejati Aceh karena sakit, sehingga rencana berdamai gagal dilaksanakan, Senin 6 Juli 2020.

"Yang pasti draf (berdamai) yang diajukan, Pak Bupati juga setuju. Sama-sama kita maafkan. Saya pun memaafkan dia, dia pun memaafkan saya," kata Firdaus di Aula Kejati Aceh di Banda Aceh, Senin.

Firdaus menyebut niat berdamai dengan Bupati Shabela sudah lama. Namun, rencana perdamaian dimediasi Forkopimda di Kejati Aceh, diberitahukan empat hari lalu. Akan tetapi, rencana tersebut batal dilaksanakan lantaran Bupati Shabela tidak bisa hadir.

"Saya merasa sedih (gagal berdamai hari ini). Semuanya ada hikmah, Allah telah menentukan, saya ambil hikmah saja," ucap Firdaus.

Firdaus mengakui setelah insiden antara dirinya dengan Bupati Shabela sampai sekarang keduanya belum bertemu. "Tak berani saya jumpa, takut nanti ribut lagi. Untuk berkomunikasi saat ini hanya jarak jauh," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, rencana perdamaian Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, dan Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus, di Kejaksaan Tinggi Aceh di Banda Aceh, batal dilaksanakan, Senin, 6 Juli 2020. Pasalnya, Shabela Abubakar, tidak hadir lantaran sakit.

Kasi Penerangan dan Hukum Kejati Aceh, Munawal Hadi, mengatakan ada surat keterangan sakit dari dr. Hardi Yanis, Sp.PD., yang menyebutkan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, harus menjalani istirahat.

"Pak Shabela Abubakar harus menjalani istirahat mulai 5 Juli sampai 8 Juli 2020," kata Munawal. 

Kejati Aceh sudah membuat persiapan untuk proses perdamaian Bupati Shabela dan Wabup Firdaus. Selain Wabup Aceh Tengah, Firdaus, turut hadir unsur Forkopimda Aceh. Namun, Bupati Shabela tak hadir, sehingga proses perdamaian ditunda.

"Ini itikad baik Kejati Aceh untuk mendamaikan kedua belah pihak. Tapi karena Shabela Abubakar tak hadir, proses perdamaian ditunda. Langkah selanjutnya Kejati Aceh akan menyurati Shabela Abubakar," pungkas Munawal.[](Khairul Anwar)

Lihat pula: Konflik Shabela-Firdaus 'Pintu Masuk Ungkap Tabir Dugaan Korupsi Berjamaah di Aceh Tengah'

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.