20 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Gajah di Subulussalam Diduga Terluka

...

  • Rino
  • 11 October 2018 10:00 WIB

Gajah tertangkap kamera trap di kawasan perkebunan kelapa sawit Kota Subulussalam. @Istimewa
Gajah tertangkap kamera trap di kawasan perkebunan kelapa sawit Kota Subulussalam. @Istimewa

SUBULUSSALAM - Seekor gajah yang terjebak di kawasan perkebunan kelapa sawit di Kota Subulussalam, diduga terluka di bagian kakinya. Dari gambar yang tertangkap kamera trap, kaki gajah tersebut terlihat bengkak.

Pergerakan gajah tersebut saat ini masih diawasi pegiat lingkungan asal Ceko, Zbynek Hrabek beserta tim dari Yayasan Hutan Untuk Anak (YHUA) bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

"Dia (gajah) itu kemungkinan besar sedang terluka. Dokter akan datang. Kami akan check kondisi gajah itu, sebelum gajah itu ditranslokasi nanti," kata Zbynek kepada portalsatu.com, Kamis, 11 Oktober 2018.

Menurut Zbynek, pihaknya belum mengetahui apa yang menyebabkan gajah itu terluka. Semuanya akan diketahui setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Zbynek mengatakan, gajah itu akan ditranslokasikan menggunakan helikopter militer dari Pangkalan Udara Kota Medan, Sumatera Utara. Pihaknya sudah membicarakan hal itu dengan BKSDA.

Untuk saat ini, kata Zbynek, baru dua gajah yang terjebak di kawasan perkebunan kelapa sawit itu, berdasarkan pantauan pihaknya melalui kamera trap.

"Gajah-gajah itu berasal dari hutan. Sejak lama dan dia tidak bisa kembali, karena dia berada di kawasan yang baru dan tidak dikenalnya. Dan dalam perjalanan pulang, banyak tampak manusia di kebun," ungkapnya.

Zbynek mengaku mengetahui tentang adanya gajah yang terjebak itu dari seorang rekannya. Ia sudah di Kota Subulussalam untuk membahas mengenai gajah itu sejak 20 September lalu.

"Kami datang ke sini 20 September. Dan mengatur pertemuan dengan lembaga lingkungan setempat serta BKSDA. Kami mulai memantau termasuk survei di lapangan dari 22 September," ujar pegiat lingkungan dari organisasi lingkungan Prales Detem Republik Ceko ini.[]

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.