19 January 2021

Kabar Aceh Untuk Dunia


Gajah Mati Kena Jeratan Listrik, Kopolres Pidie: Pelaku Sudah Ditangkap

...

  • PORTALSATU
  • 29 September 2020 16:10 WIB

Foto: Zamah Sari/portalsatu.com
Foto: Zamah Sari/portalsatu.com

SIGLI - Setelah dilakukan investigasi dan hasil otopsi,  terungkap kematian gajah jantan di Gampong Tuha Lala, Kecamatan Mila, Kabupaten Pidie, Rabu, 9 September 2020, disebabkan kena jeratan berarus listrik yang dipasang seorang warga. Polisi berhasil mengungkap palaku tersebut. 

Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian didampingi Kepala Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto dan Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE)  Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK), Krismangko Padang, menyampaikan penangkapan tersangka bersama barang bukti kasus itu kepada wartawan dalam konferensi pers di Polres Pidie,  Selasa, 29 September 2020.

Menurut Kapolres, kepolisian sangat serius melakukan penulusuran setelah kejadian seekor gajah yang merupakan habitat dilindungi di Indonesia maupun secara internasional. Setelah dilakukan pemeriksaan dan otopsi, gajah yang berusia 20 tahun itu mati karena kena sengatan listrik. Bahkan di lokasi ditemukan kabel telanjang yang dialiri arus listrik. 

"Jeratan itu dipasang oleh seorang tersangka, BA (33), warga Gampong Tuha Lala. Kini tersangka bersama barang bukti diamankan di Polres Pidie guna diproses hukum," kata Zulhir.

Kapolres mengatakan tersangka ditangkap, Senin, 28 September 2020 sekira pukul 16:00 WIB. Kepada petugas tersangka mengakui jeratan itu dia yang pasang dengan dibantu dua rekannya.  

Menurut Kapolres, tersangka akan dijerat pasal 40 ayat 2 jo pasal 21 ayat 2 Undang - Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dengan ancaman hukuman 5.tahun penjara. 

"Kita mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membunuh hewan - hewan yang dilindungi, seperti gajah, badak, orang utan dan harimau sumatera. Karena itu bukan saja menjadi sorotan nasional tetapi juga sorotan internasional," imbau Zulhir sembari menegaskan tindakan hukum akan diberikan kepada pelaku pembunuhan hewan liar yang dilindungi.  

Kapolres mengaku akan terus mendalami kasus tersebut dan kemungkinan akan ada tersangka lain dalam kasus kematian hewan mamalia bertubuh besar itu. 

Sebelumnya diberitakan, seekor gajah liar jantan sumatera (Elephas maximus sumatranus) ditemukan mati di kebun cabai warga Gampong Tuha Lala Kecamatan Mila Kabupaten Pidie,  Rabu 9 September 2020.

Gajah yang diperkirakan berumur 20 tahun itu mati diduga terkena jeratan babi beraliran listrik. Hal itu dibuktikan adanya luka di bagian kaki depan dan didekatnya ditemukan seutas kawat telanjang.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2021 All Rights Reserved.