23 February 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Gajah Rusak Gubuk Warga di Aceh Tengah

...

  • NUSI P SEURUNGKENG
  • 14 October 2016 18:45 WIB

Ilustrasi - gajah liar. @tribunnews
Ilustrasi - gajah liar. @tribunnews

TAKENGON - Kawanan gajah liar dilaporkan kembali merusak rumah warga di pedalaman Aceh Tengah. Kali ini, gajah merusak gubuk milik M. Amut Aman Trina, warga Dusun Payah Lah, Desa Karang Ampar, Kecamatan Ketol.

Sekdes Karang Ampar Hamdan mengatakan, kejadian itu terjadi siang kemarin. Meski tidak ada korban jiwa, namun kondisi gubuk Amut setelah dirusak poe meurah dilaporkan rusak berat.

"Kalau kemarin-kemarin (kejadian sebelumnya) banyak rumah di kebun warga yang dirusak gajah," kata Hamdan, Jumat, 14 Oktober 2016, sore.

Hamdan menyebut sekelompok gajah liar itu dilaporkan telah lama menduduki kawasan perkebunan warga dan beranak pinak.

Jumlah gajah liar itu diprediksi telah mencapai 30 ekor. Kawanan gajah, kata Hamdan, sering turun ke pemukiman warga dan merusak tanaman.

Menurut Hamdan, beberapa bulan terakhir banyak gubuk di kebun kopi warga menjadi sasaran amukan gajah. Bahkan warga mulai cemas saat beraktivitas di kebun.

Hingga saat ini, kata Hamdan, belum ada upaya pemerintah secara maksimal dalam menangani bahaya ancaman gajah liar.

Warga pedalaman Aceh Tengah itu berharap pemerintah segera hadir agar kejadian memilukan hingga jatuhnya korban jiwa tidak kembali terulang.

"Ini harus segera diupayakan solusi, kalau tidak, kita takutkan akan ada korban jiwa seperti yang terjadi di desa tetangga kita," ujar Hamdan.

Sementara itu, Camat dan Kapolsek Ketol yang dihubungi terpisah mengaku belum menerima laporan adanya aksi gajah yang merusak satu gubuk warga itu.[]

Editor: IRMANSYAH D GUCI

Berita Terkait


portalsatu.com © 2015 - 2017 All Rights Reserved.