01 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


GERANAT Minta Pemerintah Aceh Tangani Abrasi Pantai Palak Kerambil Abdya

...

  • Fakhrurrazi
  • 22 May 2020 22:45 WIB

Ilustrasi aksi GERANAT. Foto: Dok./istimewa
Ilustrasi aksi GERANAT. Foto: Dok./istimewa

BLANGPIDIE - Abrasi pantai di Gampong Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengakibatkan 38 Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsi karena rumah mereka diterjang ombak setinggi 5 meter. Abrasi pantai ini terjadi dari tahun ke tahun.

Noval Abizal, Koordinator Gerakan Abdya Sejahtera (GERANAT) menyanyangkan sikap acuh tak acuh Pemerintah Aceh melihat permasalahan yang terjadi di Aceh Barat Daya. Padahal tahun 2019, pihaknya telah melaporkan abrasi yang terjadi di Abdya kepada Waki Bupati Muslizar, M.T. 

"Tapi sampai saat ini belum ada tindakan yg dilakukan oleh Pemerintah Aceh untuk menangani bencana abrasi yang terjadi di Kabupaten Breuh Sigupai," kata Noval Abizal kepada portalsatu.com Kamis, 21 Mei 2020.

Noval meminta Pemerintah Aceh yang saat ini di bawah komando Plt. Gubernur Aceh segera menurunkan tim untuk mencari solusi supaya abrasi itu tidak terjadi lagi. Sangat disayangkan kondisi masyarakat hari ini yang harus mengungsikan, belum lagi harta benda mereka hilang ditelan ganasnya pasang air laut.

"Rasa kecewa terhadap Pemerintah Aceh itu tetap ada, persoalan ini sudah jauh-jauh hari diketahui oleh Pemerintah Aceh, tapi belum ada tindakan langsung yang dilakukan dalam menangani bencana ini. Sebenarnya tahun 2020 sudah dikerjakan pembuatan tanggul pemecah ombak atau break water tersebut," ungkap Noval.

Nova Abizal mengingatkan Pemerintah Aceh segera menurunkan tim agar penanganan terhadap abrasi di Gampong Kedai Palak Kerambil, Susoh, mendapatkan perhatian.

"Apalah kata, impian yg diinginkan masyarakat setempat hanya menjadi bunga tidur mereka, jika ini tidak ditangani secepatnya maka segera tunggulah kami di Kantor Gubernur Aceh biar kami saja yang mendatanginya," ucap Nova Abizal.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.