21 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Google dan WhatsApp Bantu Nenek Bertemu Cucu Setelah Pisah 43 Tahun

...

  • LIPUTAN6
  • 22 June 2020 11:00 WIB

@Deccan C
@Deccan C

Google dan WhatsApp telah membantu mempertemukan seorang nenek 90 tahun dengan keluarganya yang terpisah selama 43 tahun.

Ceritanya, nenek bernama Panchubai tinggal sebagai Achchhan bersama keluarga Khan selama lebih dari 4 dekade, hingga ia bertemu kembali dengan cucunya pada minggu ini.

Israr Khan (keluarga Khan yang tinggal Achchhan) baru mengetahui kalau nenek Achchhan ternyata berasal dari Maharashtra.

Selanjutnya, berkat Google dan WhatsApp, Israr Khan membantu nenek Achchhan bertemu dengan cucunya, yakni Prithvi Kumar Shinde.

Jarak antara desa Kota Tala tempat tinggal Israr Khan dengan tempat asal nenek Achchhan sangatlah jauh, yakni mencapai 500km. Rupanya 43 tahun lalu, ayah Israr menolong nenek Achchhan yang tersengat lebah.

"Saat dalam perjalanan pulang, ayah saya melihat nenek Achchhan kesakitan sekitar 43 tahun lalu. Ia pun memberikan obat untuk mengobati luka sengatan lebah," kata Israr Khan, sebagaimana dikutip Hindustan Times, Senin (22/6/2020).

Beberapa hari kemudian, ayah Israr melihat nenek Achchhan lagi, mencoba menanyakan rumahnya, namun si nenek yang dulu masih berusia 40 tahunan tak menjawab apa-apa. Ayah Israr pun membawa Achchhan pulang.

"Sejak itu, Achchhan menjadi bibi kami dan namanya juga berubah," katanya.

Dibantu Google dan WhatsApp

Selama 43 tahun terakhir, keluarga Khan mencoba mencari tahu kota asal nenek Achchhan. Bertanya kepada sang nenek pun tak mendapat jawaban karena ia memakai bahasa Marathi yang tidak bisa dipahami.

Saat India tengah di-lockdown, keluaga Khan merekam nenek Achchhan yang menyebutkan Khanjam Nagar.

"Belakangan saya menemukan desa Khanjam Nagar yang ada di distrik Amravati. Melalui bantuan Google, saya bisa mendapatkan nomor telepon orang di Khanjam Nagar. Saya bicara dengannya dan memintanya menyebarkan foto nenek Achchhan ke warga kampugnya via WhatsApp," tutur Israr Khan.

Belakangan, ada keluarga yang mengaku kenal dengan nenek Achchhan yang aslinya bernama Panchubai. Rupanya orang yang mengenali adalah cucunya, Prithvi Kumar Shinde.

Akhirnya Bertemu Cucu

Shinde kemudian menghubungi Israr Khan dan bercerita bahwa Achchhan alias Panchubai kehilangan suami dan anaknya pada 2005.

"Kakek dan ayah saya (anak dari nenek Achchhan) kehilangan harapan menemukan nenek. Kakek juga sudah melaporkan orang hilang di polisi," kata Shinde bercerita.

Berkat Google dan WhatsApp, nenek dan cucu yang sudah terpisah 43 tahun akhirnya bisa bertemu kembali.

"Saya sangat senang bisa membawa nenek pulang meskipun kakek dan ayah saya sudah meninggal tanpa melihatnya," tutur Shinde.

Ia pun berterima kasih kepada keluarga Khan karena sudah merawat nenek Achchhan selama 43 tahun.[]sumber:liputan6

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.