11 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Evakuasi Pengungsi dari Laut ke Darat
GPI Banda Aceh: Warga Lancok Telah 'Memanusiakan Manusia' Rohingya

...

  • Fakhrurrazi
  • 27 June 2020 09:00 WIB

Munandar Saimi, Wakil Ketua GPI Divisi Advokasi dan Hukum Banda Aceh. Foto: istimewa
Munandar Saimi, Wakil Ketua GPI Divisi Advokasi dan Hukum Banda Aceh. Foto: istimewa

BANDA ACEH - Gerakan Pemuda Islam (GPI) Kota Banda Aceh mengapresiasi aksi warga pesisir Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, mengevakuasi para pengungsi Rohingya dari laut ke daratan.

"Melihat hal ini, saya sangat terharu dengan nilai kemanusiaan yang masih dimiliki oleh rakyat Aceh terutama warga Aceh Utara yang mau menerima para pengungsi dalam keadaan pandemi Covid-19 seperti ini," kata Wakil Ketua GPI Divisi Advokasi dan Hukum Kota, Munandar Saimi, kepada portalsatu.com, Sabtu, 27 Juni 2020.

Saimi menuturkan, sebagai sesama manusia dan juga muslim, sudah sepantasnya memberi bantuan dan perlindungan kepada mereka yang sedang mencari suaka politik. Apalagi, sebagian dari pengungsi Rohingya tersebut merupakan anak-anak.

"Inilah yang dinamakan 'manusia memanusiakan manusia', bagaimanapun keadaannya ataupun situasinya naluri kemanusiaan harus dikedepankan, karena pada dasarnya Tuhan menciptakan kita untuk saling membantu bukan untuk tolak menolak," ujarnya.

Menurut Munandar, meski situasi Aceh yang sedang dilanda pandemi Covid-19, tetap harus memberikan pertolongan kepada mereka. Namun mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Walaupun virus corona sedang melanda kita, tentu tetap harus waspada. Namun apapun alasannya pengungsi muslim Rohingya tersebut tetaplah manusia yang harus beri pertolongan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19," tegasnya.

Oleh karena itu, GPI memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada warga dan Forkopimda setempat yang telah memberikan bantuan kemanusiaan terhadap pengungsi Rohingya.

"Semoga rakyat Aceh selalu dalam lindungan Allah dan senantiasa membantu sesama manusia. Selamat datang untuk saudara kami dari suku Rohingya," pungkasnya.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.