29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Gugus Tugas Gayo Lues Belum Cairkan Anggaran Covid dari Pemerintah Aceh

...

  • Win Porang
  • 22 September 2020 17:30 WIB

Kepala BPKK Gayo Lues, Mukhtar [Foto: Win Porang]
Kepala BPKK Gayo Lues, Mukhtar [Foto: Win Porang]

Anggaran Rp15 miliar itu dikelola Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Ali Kasim, Dinas Pertanian, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BLANGKEJEREN – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues mendapat bantuan keuangan senilai Rp15 miliar dari Pemerintah Aceh untuk antisipasi dan penanganan dampak Covid-19, tapi anggaran itu belum dicairkan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten (BPKK) Gayo Lues, Mukhtar, Selasa, 22 September 2020, mengungkapkan anggaran dari provinsi tersebut sudah masuk ke kas daerah Gayo Lues beberapa hari lalu.

“Anggaran bantuan Covid-19 sudah kita terima sebesar Rp15 miliar, sudah masuk kas daerah, tapi belum dicairkan oleh pelaksana kegiatan. Rincian penggunaannya saya tidak tahu, silakan tanya ke yang bersangkutan (Gugus Tugas Covid-19,” jelas Mukhtar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gayo Lues, Suhaidi selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 membenarkan anggaran itu belum digunakan pihaknya, karena masih harus berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh terkait item pekerjaan yang dibolehkan.

"Yang jelas penggunaannya untuk menghadapi bencana Covid, baik penanganan, pencegahan, maupun untuk meningkatkan (kembali) perekonomian akibat Covid. Anggaran Rp15 miliar itu tidak di BPBD, tapi dikelola Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Ali Kasim, Dinas Pertanian, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pengerjaannya tidak ada yang melalui proses lelang, tapi penunjukan langsung,” ungkapnya.

Suhaidi menyebutkan, Dinas Kesehatan menggunakan sebagian anggaran untuk kegiatan di Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. "RSUD Muhamamd Ali Kasim untuk alat kesehatan dan lainnya. Dinas Pertanian untuk program membantu masyarakat bidang pertanian, dan Dinas PUPR membuka jalan sebagai pendukung program pertanian," tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Gayo Lues, Purnama Abadi, menjelaskan dari total Rp15 miliar dana Covid-19 bantuan Pemerintah Aceh, Dinas Kesehatan hanya kebagian Rp3,25 miliar yang diperuntukkan untuk berbagai kegiatan di gedung BLK.

"Total bantuan khusus untuk Dinkes Rp3.250.000.000, penggunaannya untuk kegiatan di gedung BLK, seperti rehab gedung, pengadaan perlengkapan ruangan, pengadaan alat rapid test dan swab, makan minum untuk petugas dan pasien OTG," tuturnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.