26 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Guru Kontrak PTTK Gayo Lues 4 Bulan Tidak Terima Gaji

...

  • Win Porang
  • 21 November 2020 06:50 WIB

Ilustrasi @Google
Ilustrasi @Google

Proses belajar daring hanya bulan 6 dan 7, itu sudah dibayarkan gajinya, tetapi untuk bulan 8,9 dan 10 tidak ada proses, jadi tidak ada dasar Dinas Pendidikan membayarkan gaji guru TK kontrak.

BLANGKEJEREN -- Guru Kontrak atau Pegawai Tidak Tetap Kabupaten (PTTK) Gayo Lues yang mengajar di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) mengeluh akibat tidak dibayar gaji oleh Dinas Pendidikan setempat. Mereka sangat berharap jerih mereka segera dicairkan.

Salah seorang guru kontrak di Blangkejeren, Jumat malam 20 Nopember 2020, mengatakan, dirinya dan kawan-kawan sesama guru kontrak TK sangat kewalahan karena belum menerma gaji, padahal banyak kebutuhan yang harus dipenuhi selama masa pendemi Covid-19 terjadi.

"Kenapa kami tidak digaji bulan 5, 8, 9 dan 10, padahal meskipun libur, kami selalu ke sekolah, hanya anaknya saja yang libur, sementara SD dan SMP tidak ada potongan per bulan sama sekali, tolong dibantu kawan, karena kami merasa tidak adil,” ungkapnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Gayo Lues, Wardana meminta kepada wartawan untuk menanyakan pengamprahan gaji kepada Kabid PAUD, Usman. Sementara Usman membenarkan hal tersebut.

“Betul, karena berdasarkan SKB 4 Menteri, proses pembelajaran baru dimulai November, jadi tidak ada dasar yang bisa kami jadikan rujukan untuk membayar dari bulan 8,9, dan 10, kalau bulan 5 libur," katanya melalui pesan WhatsApp.

Usman juga mengaku kalau proses belajar daring hanya bulan 6 dan 7, itu sudah dibayarkan gajinya, tetapi untuk bulan 8,9 dan 10 tidak ada proses, jadi tidak ada dasar Dinas Pendidikan membayarkan gaji guru TK kontrak.

"Itu yang bisa kami pahami, namun lebih lanjut kami akan sampaikan kepada Kepala Dinas apakah hal ini bisa dibayarkan, supaya dikemudian hari tidak berbenturan dengan hukum," jelasnya.

Menanggapi permasalah guru kontrak tersebut, anggota DPRK Gayo Lues, Muhammad el Amin mengatakan, selama ini belum ada keluhan ataupun laporan dewan guru kepada anggota dewan, baik masalah tidak diberikan gaji ditegah Covid-19 maupun masalah lainya.

"Baru-baru ini terbentuk organisasi PGRI di kabupaten dan dibentuk disemua kecamatan, dan saya ikut dalam pelantikan pengurus PGRI, tapi belum pernah mendegar keluhan apapun dari guru yang ada di Gayo Lues," ungkapnya.

Sementara Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani belum memberikan jawaban saat ditanyai langkah apa yang akan diambil Pemkab Gayo Lues untuk menyelesaikan masalah gaji guru Kontrak TK ditegah pandemi Covid-19. []

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.