26 September 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Guru Rohani Mahasiswa Aceh di Mesir Motivasi Santri Darul Ihsan

...

  • Jamaluddin
  • 12 September 2018 23:30 WIB

Syaikh Ayyub Aljazair (kiri) @Istimewa
Syaikh Ayyub Aljazair (kiri) @Istimewa

ACEH BESAR - Dayah Darul Ihsan kembali mengundang Syaikh Ayyub Aljazair, untuk memperkuat Aqidah dan Bahasa Arab. "Saya sangat senang bertemu langsung dengan para penuntut ilmu yang wajahnya "bercahaya" di Dayah Darul Ihsan, " Kata Syaikh Ayyub.

Pada pertemuan itu Syeikh Ayyub tak lupa perkenalkan diri, katanya setelah lulus sekolah tahfidz dengan metode hafalan menulis dengan tinta,  ia melanjutkan SMA, S1 dan S2 di Al Azhar, Kairo, Mesir.

"Saya juga belajar talaqqi (menerima ilmu langsung melalui belajar tatap muka) kepada beberapa masyaikh al Azhar, di antaranya adalah fadhilatu Syaikh  Ali Gomaa," katanya di hadapan 1.300 santri dan para asaatidzah Darul Ihsan, Siem, Darussalam, Selasa, 11 September 2018, malam.

Syeikh dari Aljazair itu pertama kenal dengan Muhammad Ihsan mahasiswa Aceh pada tahun 2009. Dari Ihsan - lah ia kenal para mahasiswa Aceh di Kairo. Dan dari mereka juga ia diberitahu ada tawaran mengajar di Darul Ihsan ini.  "Alhamdullah wa insya Allah, saya di sini sampai tiga bulan ke depan," kata Syeikh Ayyub.

Syaikh Ayyub dalam perkenalan perdananya juga memberi motivasi dan tausiah seputaran tahun Hijriyah. Terlihat para santri antusias menyambut syaikhul makhad baru dari luar negeri.

Diketahui dari mahasiswa asal Aceh di Kairo Syaikh Ayyub bermazhab Fikih Maliki, Aqidah Asya'irah, Tasawuf Al ghazali, ahli thariqat muktabrah dan juga ahli ilmu Kalam, Mantiq, ilmu alat, Ushul Fiqh dan  sejumlah disiplin ilmu Islam lainnya.

Tgk H Khalid Mudatstsir Alumni Darul Ihsan yang juga sebagai penghubung  mengatakan, di Mesir dalam sebulan Syaikh Ayyub pernah mengkhatamkan dua kitab dengan mahasiswa Aceh. "Syaikh juga mengajar mahasiswa Aceh, pagi, siang, sore dan malam," ujar T H Khalid.

"Bisa dikatakan, beliau adalah guru rohani kebanyakan mahasiswa Aceh di Mesir," terang Khalid yang sedang bertugas temus haji (tenaga musiman) di Makkah al Mukarramah via Whatsapp yang kebetulan sedang bersama Abu Paya Pasie," kata Khalid. []

Editor: Arman


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.