15 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia

Investasi Dana Haji Incar Tanah Wakaf Aceh di Masjidil Haram
Haekal Afifa: Sudah Cukuplah Pola Politik Pula Labu Dimainkan Belanda

...

  • portalsatu.com
  • 10 March 2018 22:30 WIB

BANDA ACEH - Ketua Institut Peradaban Aceh (IPA), Haekal Afifa, mengecam rencana Pemerintah Pusat yang ingin mengelola tanah wakaf Baitul Asyi di Mekkah, Arab Saudi. Apalagi, menurut Haekal, setiap aset Bumi Iskandar Muda yang dikelola Pemerintah Pusat kerap tidak menguntungkan bagi rakyat Aceh.

"Sudah cukup eksploitasi gas LNG Arun yang dikuras oleh pemerintah dan tidak memberi hasil apa-apa untuk Aceh. Saat ini, hanya itu (tanah wakaf Baitul Al Asyi) satu-satunya warisan Kerajaan Aceh yang dinikmati langsung manfaatnya oleh bangsa Aceh," kata Haekal menjawab portalsatu.com, Sabtu, 10 Maret 2018.

Seperti diketahui, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) berencana mengelola tanah wakaf milik Aceh yang berlokasi 400 meter dari Masjidil Haram. Rencana tersebut selaras dengan permintaan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, yang meminta BPKH fokus menginvestasikan dana haji ke Arab Saudi. Menurut JK, investasi di Arab Saudi diyakini dapat mengurangi risiko nilai tukar atau valuta asing dan memiliki nilai yang lebih tinggi. 

"Saya pikir, sudah cukuplah pola 'politik pula labu' dulu dimainkan oleh Belanda. Jangan terulang lagi di era perdamaian ini. Kami juga berharap agar pemerintah Aceh tegas dalam mengawal dan menjaga aset Aceh di luar negeri. Jangan sibuk dengan politik anggaran yang memberi dampak buruk bagi rakyat," kata Haekal Afifa, yang dikenal sebagai salah-seorang yang secara intensif mendalami pemikiran Hasan Tiro, deklarator Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Haekal mengatakan IPA juga sedang berupaya menyurati pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait rencana pemerintah Indonesia tersebut. "Kami sedang berupaya menyurati Duta Besar Arab Saudi selaku pemegang amanah Baitul Asyi agar menjaga apa yang sudah diberikan oleh indatu orang Aceh," kata Haekal.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.