25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Haji Uma Minta Pemerintah Aceh Segera Tegaskan Batas Wilayah Aceh

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 14 November 2017 14:40 WIB

BANDA ACEH – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Sudirman, meminta Pemerintah Aceh untuk segera mempertegas dan memperjelas tapal batas wilayah, daerah berjulukan Serambi Mekkah ini. Hal ini mengingat, pada 9 November 2017, lalu, Pemerintah Sumatera Utara melalui rapat Rencana Penyusunan Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP), telah mengklaim empat pulau milik Aceh yang berada di perbatasan kedua provinsi atau lebih tepatnya di Kabupaten Aceh Singkil.

“Kita mesti mempersiapkan diri lebih kokoh dalam hal ini, di samping saya kira memang ini jelas-jelas wilayah kita,” ungkapnya kepada portalsatu.com, saat dikonfirmasi melalui telepon genggam, Senin, 13 November 2017.

Selain itu, legislator yang dikenal dengan nama Haji Uma ini, menyarankan kepada pemerintah untuk menata penyebaran penduduk, khususnya di wilayah-wilayah perbatasan. Sehingga daerah-daerah yang langsung berbatasan dengan wilayah daerah lain bukan hanya ditandai dengan batas ataupun gapura saja, melainkan juga dengan aktivitas kegiatan masyarakatnya.

“Jadi ke depannya, ini pemerintah kita, bagaimana bisa mengatur perkembangan penduduk ke sana. Ritme penetapan penduduk yang harus mesti merata ke daerah sana. Agar, mereka tidak melakukan pemetaan dan melihat serta menganggap daerah itu kosong atau menjadi daerah tak bertuan,” jelas Haji Uma.

“Mestinya di samping tugu yang sudah kita dirikan dan kekhususan-kekhususan yang melambangkan keacehan kita, mestinya melakukan upaya berupa adanya kehidupan di pulau tersebut. Misalnya adanya permukiman dan sebagainya, adanya perkembangan wilayah termasuk ekonomi masyarakat di sana,” jelasnya lagi.

Dia berharap pemerintah dapat mengkondisikan pemerataan penduduk agar daerah-daerah perbatasan tidak kosong. “Jadi tentunya, banyak hal yang bisa dilakukan apalagi menyangkut dengan kemaritiman atau kelautan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Haji Uma sudah menyampaikan permasalahan empat pulau milik Aceh di Kabupaten Aceh Singkil yang telah diklaim oleh Provinsi Sumatera Utara, kepada Rizal Sirait, salah seorang senator dari provinsi itu.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.