13 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Hari Pertama Pendaftaran Bacaleg, Ini Kata KIP Lhokseumawe

...

  • Fazil
  • 04 July 2018 22:00 WIB

Kantor KIP Lhokseumawe. Foto: dokumen/ist
Kantor KIP Lhokseumawe. Foto: dokumen/ist

LHOKSEUMAWE - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe resmi membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) DPRK, mulai 4 sampai 17 Juli 2018. Namun, hari pertama pendaftaran, tak ada satu pun partai politik peserta Pemilu 2019 yang menyerahkan berkas daftar bacaleg ke KIP.

"Sejak pagi sampai saat ini tidak ada satu pun yang mendaftar," kata Plt. Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Abdul Hakim, kepada portalsatu.com, Rabu, 4 Juni 2018, sore.

Hakim menyebutkan, sejauh ini juga belum ada pengurus parpol yang memberitahukan rencana pengajuan berkas/dokumen daftar bacaleg ke KIP Lhokseumawe, Kamis (besok). “Belum ada yang mengonfirmasi kepada KIP perihal pendaftaran tersebut. Namun kita tetap menunggu sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh KPU RI,” ujarnya.

Menurut Hakim, pihaknya akan menerima pengajuan daftar bacaleg DPRK Lhokseumawe dari masing-masing parpol peserta Pemilu 2019 yang memuat paling banyak 100 persen dari jumlah kursi pada setiap daerah pemilihan. “Kita mengacu pada pasal 244 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, KPU menyampaikan pesan kepada parpol yang ingin mendaftarkan bacaleg agar menyiapkan dokumen yang memuat syarat pencalonan dan syarat calon sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan  Peraturan KPU (PKPU) 20 Tahun 2018. (Baca: Dokumen Apa Saja Harus Dibawa Parpol Saat Daftar Bacaleg ke KIP?)[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.