30 May 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Hasil Rapid Tes PDP Positif, Satgas Covid-19 RSUD Subulussalam: Akurasinya 25 Persen

...

  • SUDIRMAN
  • 03 April 2020 17:30 WIB

Jubir Satgas Covid-19 RSUD Kota Subulussalam, dr. Diana Dewi. Foto: Sudirman
Jubir Satgas Covid-19 RSUD Kota Subulussalam, dr. Diana Dewi. Foto: Sudirman

SUBULUSSALAM - Juru Bicara Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 RSUD Kota Subulussalam, dr. Diana Dewi, mengatakan tingkat akurasi rapid tes mendeteksi Coronavirus Disease berkisar antara 20 sampai 25 persen. Karena tingkat akurasi rendah, maka hasil rapid tes terhadap pasien dalam mendeteksi virus corona SARS-CoV-2 bisa menghasilkan dua kemungkinan: negatif palsu, dan positif palsu.

"Hasil rapid tes tidak akurat, bisa positif palsu, bisa negatif palsu," kata Diana Dewi didampingi Wakil Wali Kota Subulussalam, Drs. Salmaza, M.A.P., dan Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kota Subulussalam, Baginda Nasution, S.H., M.M., kepada portalsatu.com, Jumat, 3 April 2020.

Penjelasan itu disampaikan pihak RSUD Kota Subulussalam, terkait hasil rapid tes seorang PDP dinyatakan positif Covid-19. Pasien tersebut akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, untuk pengambilan sampel spesimen swab,  memastikan apakah PDP tersebut positif corona atau tidak.

Diana Dewi menjelaskan, hasil rapid tes tidak bisa memastikan diagnosa seseorang postif Covid-19, kecuali tes melalui swab di RSUDZA Banda Aceh, dan itu pun sampel harus dikirim ke Balitbang Kemenkes di Jakarta, baru diketahui hasil resminya.

"Untuk pemeriksaan swab itu pun harus dikirim ke Balitbang Kemenkes, Jakarta. Hasilnya boleh dikatakan sudah mendianogsa positif atau negatif, bukan hasil rapid tes," ungkap Diana Dewi.

Sebelumnya beredar kabar seorang PDP berjenis kelamin laki-laki (65 tahun) dikabarkan positif corona setelah menjalani rapid tes yang dilakukan tim medis RSUD Kota Subulussalam. 

Pasien tersebut dikabarkan memiliki riwayat perjalanan salah satu daerah terjangkit corona yakni Jakarta. Sepulang dari Jakarta, pasien mengalami gejala demam, batuk dan gangguan pernapasan.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.