25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Heboh Video Polisi Tua Dibentak Pemotor yang Lawan Arah

...

  • VIVA
  • 31 August 2017 12:25 WIB

Aipda Sumino (tengah), polisi tua yang dibentak pemotor pelanggar lalu lintas. @VIVA.co.id / Bayu Nugraha
Aipda Sumino (tengah), polisi tua yang dibentak pemotor pelanggar lalu lintas. @VIVA.co.id / Bayu Nugraha

JAKARTA - Video seorang polisi yang sudah berumur menegur pemotor berkendara melawan arah menjadi viral di media sosial. Bukannya mengaku salah, pemotor itu malah membentak dan memarahi polisi tersebut.

Dalam video, terlihat polisi memberhentikan pemotor yang melawan arah. Pria pemotor itu juga tidak mengenakan helm saat berkendara. Lokasi kejadian adalah di Jembatan Lima, Jakarta Barat.

Setelah diberhentikan, pemotor malah marah-marah ke polisi itu. Kemudian polisi menjelaskan agar pemotor tidak ngotot dan mengamuk karena sudah melakukan kesalahan. 

"Kalau salah ya salah. Nggak usah ngotot-ngotot. Kan enak. Ini satu arah jalanan," ujar polisi itu. 

Kemudian, pemotor itu malah menantang dan sesumbar mengatakan akan meminta bantuan dari seorang pimpinan polisi. Bukannya takut, polisi itu malah menantang balik karena tindakan yang dilakukannya sudah benar. 

"Telepon saja. Saya tunggu. Ini lokasi di Jembatan Besi," kata polisi itu lagi. 

Tidak lama kemudian, datang seseorang yang menyebut dirinya anggota Provos Polres. Dia berusaha menyelesaikan permasalahan pemotor tersebut. "Saya dari Provos Polres Pak. Ada apa?" tanya anggota provos tersebut. 

"Ini marah-marah Pak (sambil menunjuk ke polisi yang menegurnya). Ngomongnya nggak sopan. Aparat kan mesti sopan dong," kata pemotor itu. 

Anggota provos tersebut kemudian bertanya kepada polisi tentang perkataan yang disebut pemotor itu tidak sopan. 

"Emang Bapak ngomongnya gimana, Pak?" tanya anggota provos ke polisi itu. 

"Saya suruh balik Pak (lawan arah)," jawab polisi tua itu. 

Namun tetap saja pemotor itu tidak mau mengalah dan malah menantang balik. Akhirnya anggota provos tersebut meminta si pemotor memperlihatkan surat-surat kendaraan dan identitas. Namun pemotor itu menolak. Anggota provos tersebut naik pitam dan adu mulut keduanya tidak terelakkan. 

"Polisi berhak melihat surat-surat. Bapak sudah tahu salah. Ini orang (polisi) sudah tua, Pak. Saya membela yang benar," kata si anggota Provos. 

Polisi tua itu mencoba mendamaikan keduanya. Dia juga tampak menepuk bahu pemotor sebagai tanda untuk menyudahi perdebatan. 

Melihat video tersebut, VIVA.co.id mencoba mengonfirmasi pihak kepolisian terkait yakni Polsek Tambora. Kapolsek Tambora, Komisaris Polisi M. Syafi'i membenarkan adanya kejadian tersebut.

Ia mengatakan, polisi tua yang bertugas dan viral tersebut bernama Sumino dengan pangkat Aipda dan biasa bertugas di Polsek Subsektor Jembatan Lima.

Syafi'i mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu 27 Agustus 2017. Saat itu, Aipda Sumino sedang bertugas melakukan pengamanan di sebuah gereja di sekitar Jembatan Lima.

"Iya beliau pada saat itu sedang tugas pengamanan kegiatan ibadah Minggu di gereja, karena jalur satu arah dan arus lalin padat, kemudian beliau memberikan teguran kepada pengendara sepeda motor yang melawan arus untuk balik arah karena berbahaya buat keselamatan si pengendara tersebut dan bagi pengguna jalan lainnya. Sempat ngeyel namun akhirnya si pengendara motor menyadari dan bersedia balik arah," kata Syafi'i, Kamis, 31 Agustus 2017.[] Sumber: viva.co.id

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.