29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Heri Julius: Raqan Cagar Budaya Rampung Tahun Ini

...

  • Fakhrurrazi
  • 28 September 2020 17:50 WIB

Ketua Banleg DPRK Banda Aceh, Heri Julius
Ketua Banleg DPRK Banda Aceh, Heri Julius

BANDA ACEH -- Badan Legislasi (Banleg) Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, menargetkan pembahasan rancangan qanun (Raqan) tentang cagar budaya rampung di tahun 2020.

Ketua Banleg DPRK Banda Aceh, Heri Julius mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat bersama stakeholders untuk mendengar masukan terkait pembahasan raqan cagar budaya tersebut.

"Alhamdulillah tadi kesepakatan dari kawan-kawan yang kita undang pada prinsipnya sepakat dan setuju Raqan tersebut dibahas segera dan insya Allah akan kita selesaikan di tahun 2020 ini," kata Heri Julius, Senin, 29 September 2020.

Heri menyebutkan, dalam rapat pembahasan cagar budaya tersebut, hadir dari Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh, pemerhati sejarah, dan tenaga ahli. "Jadi ke depan kita akan ke lapangan untuk meninjau lokasi, kemudian akan kita buat RDP-RDP dengan beberapa stakeholders," ujarnya.

Menurut Heri, qanun tentang cagar budaya khususnya di Kota Banda Aceh sangat penting lantaran selama ini belum ada payung hukum terkait cagar budaya tersebut, makanya diperlukan payung hukum, sehingga berbagai cagar budaya peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam di Kota Banda Aceh akan lebih terjaga dan terawat.

"Makanya perlu kita buat payung hukum, kemudian nanti bisa juga menguntungkan PAD Kota Banda Aceh dengan adanya destinasi wisata cagar budaya. Itu nanti yang akan kita tonjolkan bila sudah ada payung hukumnya," ungkapnya.

Banleg DPRK Banda Aceh akan menjadwalkan rapat internal untuk menentukan tahapan-tahapan pembahasan rancangan qanun tersebut. Diperkirakan awal Oktober Banleg akan turun ke lapangan untuk meninjau lokasi cagar budaya itu. "Setelah itu baru kita buat nanti RDP, kita targetkan akhir tahun 2020 ini selesai," pungkasnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.