23 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


IKABA Santuni Anak Yatim

...

  • portalsatu.com
  • 12 February 2018 10:10 WIB

BANDA ACEH - Ikatan Kekeluargaan Aceh Barat (IKABA) Banda Aceh, menyelenggarakan peringatan maulid nabi besar Muhammad SAW Tahun 1439 H atau Tahun 2018 M, Minggu (11/2/2018).

Acara yang dilaksanakan di Pendopo Wali Kota Banda Aceh ini dihadiri oleh hampir seluruh warga Aceh Barat yang tingal dan menetap di Kota Banda Aceh. Tidak kurang dari hampir tujuh ratusan warga yang turut menghadiri acara peringatan Maulid kali ini. Ada yang datang dari kawasan Aceh Besar, Aceh Jaya bahkan ada juga yang datang langsung dari Aceh Barat.

Berdasarkan laporan dari Ketua Panita Pelaksana,  Dr. M. Jamil Yusuf,  M. Pd,  Panitia mengundang seluruh Warga Aceh Barat yang tinggal di Kota Banda Aceh dan sekitarnya, serta mempersiapkan menu hidangan untuk 1.000 orang. Semuanya dipersiapkan oleh IKABA yang dibantu oleh seluruh warga Aceh Barat baik yang berada di daerah maupun yang ada di Banda Aceh.

Panitia juga menyatakan bahwa pada kesempatan peringatan maulid ini IKABA menghadirkan dan menyerahkan santunan dan bingkisan kepada sejumalah anak yatim. Untuk kegiatan ini panitia menghadirkan Dosen Senior dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tgk. Fahmi Sofyan, Lc, MA  sebagai penceramah.

Ketua Umum IKABA,  H. Aminullah Usman,  SE, Ak. MM dalam sambutannya menyatakan bahwa dalam pelaksanaan peringatan maulid nabi Muhammad SAW 1439 H ini,  pihaknya mengupayakan adanya peningkatan rasa silaturrahim yang selalu tersambung dan ukhwah yang selalu kuat, akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, serta dirangkaikan dengan penyantunan kepada anak yatim secara simbolis untuk 35 orang anak yatim.

"Pelaksanaan peringatan maulid ini,  bukan hanya sekedar untuk khanduri dan tausiyah Islamiyah saja,  tapi lebih dari itu,  acara ini juga merupakan ajang untuk memperkokoh ukhwah dan silaturrahmi diantara sesama kita, serta tempat kita saling berbagi pada sesama,  khususnya anak yatim. Semakin baik hubungan diantara kita,  maka akan semakin indah pula hasil yang kita petik,  baik dalam perencanaan maupun dalam pembangunan,” tegas Aminullah.

H. Aminullah Usman, ketua IKABA,  yang merupakan putera Barat - Selatan pertama yang menjadi Wali Kota Banda Aceh ini, juga menambahkan bahwa saling berbagi dan dan saling menyayangi kepada sesama juga merupakan sebuah implementasi dari peringatan maulid nabi Muhammad SAW yaitu meneladani Rasul yang selalu kasih serta sayang kepada seluruh umatnya.

Penceramah Tgk. Fahmi Sofyan, Lc, MA dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa salah satu faktor keberhasilan adalah kepedulian kepada sesama, dan saling berhubungan interaksi diantara sesama muslimin dan muslimat.

"Sejak zaman nabi Sulaiman dulu,  sudah terbukti bahwa kebersamaan dan saling peduli itu adalah kunci keberhasilan dalam segala hal. Cacing yang tinggal jauh di dasar laut dalam sebuah batu kosong dapat hidup dengan memuji Allah dan pertolongan bersama dari semut dan katak, yang selalu setia mengantarkan makanan untuknya sehingga terus terjalin kebersamaan dalam hidup mereka. Kuncinya kebersamaan dan saling peduli membuat kita berhasil dan berdaya,” kisah beliau.

Setelah selesai tausiyah, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama yang diawali dengan hidangan kepada seluruh anak yatim dan diikuti oleh undangan seluruh hadirin yang hadir lainnya.[] (rel)

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.