21 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Imum Mukim: Budaya Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi Mulai Pudar

...

  • Fazil
  • 12 June 2019 21:00 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

ACEH UTARA - Imum Mukim Jrat Manyang Kecamatan Tanah Pasir, Aceh Utara, Tgk. Razali, menilai seiring dengan perkembangan zaman serta kemajuan teknologi saat ini budaya kearifan lokal gotong rotong untuk membersihkan saluran irigasi menjelang turun ke sawah sudah mulai memudar di daerah tersebut.

"Budaya gotong royong khususnya di Kecamatan Tanah Pasir kita melihat sudah hampir pudar. Ini bisa dibuktikan masih ada sebagian masyarakat yang malas mengikuti kegiatan bakti sosial di gampongnya masing-masing," kata Tgk. Razali, Rabu, 12 Juni 2019.

Tgk. Razali menambahkan, ia melihat selama ini masih adanya masyarakat yang bermalas-malasan untuk ikut gotong royong menjelang turun ke sawah. Pihaknya merasa prihatin terhadap kurangnya kesadaran masyarakat dalam kegiatan sosial yang sangat mulia dan tanpa pamrih untuk mencapai suatu tujuan bersama sudah mulai berkurang.

Menurut Tgk. Razali, selain kebersamaan dalam bermasyarakat, budaya gotong royong itu juga bertujuan meningkatkan kepedulian dan rasa kekeluargaan yang sudah diwariskan oleh leluhur sejak dahulu serta membuat lingkungan gampong menjadi bersih.

“Kita meminta kepada masyarakat dan seluruh geuchik atau aparatur gampong khususnya di Kemukiman Jrat Manyang, Tanah Pasir, untuk menggalakkan kembali budaya gotong royong sehingga tidak hilang di tengah masyarakat. Apalagi pada 20 Juni 2019 mendatang para petani akan turun ke sawah, bila saluran irigasi tidak dibersihkan maka akan menghambat kelancaran air," ujar Tgk. Razali.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.