09 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Indonesia Fokus Natuna, Singapura Diam-diam Beli Jet Tempur Siluman AS

...

  • VIVA
  • 11 January 2020 11:00 WIB

Jet tempur siluman F-35B milik Amerika Serikat (AS). @Dane Wiedmann/Lockheed Martin
Jet tempur siluman F-35B milik Amerika Serikat (AS). @Dane Wiedmann/Lockheed Martin

Ketika Indonesia masih fokus mengamankan Laut Natuna dari ancaman China, Singapura diam-diam resmi membeli jet tempur siluman F-35B milik Amerika Serikat (AS). Tetangga Indonesia itu membeli 12 unit atau 1 skuadron jet tempur generasi kelima ini atas izin kongres dan pemerintah AS yang nilainya mencapai US$2,75 miliar atau Rp37,3 triliun.

Artinya, Singapura menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki jet tempur siluman yang akan berkeliaran sangat dekat dengan wilayah udara Indonesia. Harga jet tempur F-35B adalah US$115,5 juta per unit, lebih mahal dibandingkan dengan varian A yang dibanderol US$89,2 juta.

“Departemen Luar Negeri telah membuat keputusan untuk menyetujui kemungkinan Penjualan Alutsista Asing ke Singapura, yaitu 12 unit F-35B beserta peralatan dengan perkiraan anggaran sebesar US$2,75 miliar (Rp37,3 triliun),” kata Defence Security Cooperation Agency (DSCA), seperti dikutip dari situs Straits Times, Jumat, 10 Januari 2020.

Tahun lalu, Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengumumkan bahwa mereka akan mengirimkan surat permintaan kepada pemerintah AS untuk membeli empat unit F-35B, yang pada akhirnya membeli 1 skuadron.

Dalam kesepakatan yang diusulkan itu juga mencakup hingga 13 mesin Pratt & Whitney F135, perangkat elektronik dan sistem komunikasi yang tidak ditentukan, peralatan pelatihan, dan Sistem Informasi Logistik Autonomis yang digunakan untuk perencanaan misi, pemeliharaan, dan fungsi logistik lainnya.

“Singapura adalah sekutu strategis dan mitra kerja sama keamanan utama di Asia Tenggara dan Pasifik. Penjualan jet tempur F-35B ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat di kawasan itu," ungkap DSCA.

Sebagai informasi bahwa F-35 memiliki tiga versi. Model F-35A dirancang bagi Angkatan Udara untuk penggunaan di landasan konvensional. Model F-35B dirancang untuk lepas landas di landasan pendek dan pendaratan vertikal. Model F-35C khusus dirancang untuk Angkatan Laut, dengan penggunaan di kapal induk.

Singapura biasanya membeli pesawat tempurnya dalam jumlah kecil. Jika negara bergerak maju dengan membeli F-35, kemungkinan akan menggunakan jet-jet itu untuk mulai mengganti armada 60 pesawat tempur Lockheed Martin F-16C/D Blok 52/52 Plus, dan pesanan F-35 lebih lanjut kemungkinan akan dilakukan.

Sebuah kontrak dengan Lockheed Martin akan menjadikan Singapura negara ke-12 yang membeli F-35, mengikuti Australia, Belgia, Denmark, Israel, Italia, Jepang, Belanda, Norwegia, Korea Selatan, Inggris, dan AS sebagai produsen.[]Sumber:viva

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.