19 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Anggota MPR RI Saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

...

  • PORTALSATU
  • 14 December 2017 23:20 WIB

Teuku Riefky Harsya. Foto: istimewa/net
Teuku Riefky Harsya. Foto: istimewa/net

BANDA ACEH - Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Teuku Riefky Harsya MT menilai sosialisasi empat pilar kebangsaan penting dilakukan untuk menegaskan identitas nasional Bangsa Indonesia dan menumbuhkan rasa cinta Tanah Air.

"Di jaman now, generasi muda bangsa Indonesia banyak yang tidak memahami nilai-nilai kebangsaan dalam empat pilar kebangsaan. Makanya kegiatan ini harus dan wajib kita sosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat," kata Teuku Riefky Harsya di depan 150 peserta sosialisasi empat pilar kebangsaan, di Kota Subulussalam, Kamis, 14 Desember 2017.

Sosialisasi dengan mengangkat tema “Idealisme Pancasila dan UUD 1945 jaman now mulai pudar di kalangan generasi muda”, dihadiri para siswa, mahasiswa, perwakilan ormas, dan tokoh masyarakat Kota Subulussalam.

Teuku Riefky Harsya menyebutkan, kegiatan ini sangat positif output-nya agar generasi jaman now tidak mudah terbawa arus globalisasi yang bisa mengurangi jiwa patriotisme dan nasionalisme di kalangan generasi muda.

"Karena itu, kita harus mencegah pengaruh-pengaruh negatif. Pencegahannya dengan pembekalan dan pemahaman empat pilar ini, yang membingkai dan melandasi serta jadi pilar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa," kata Teuku Riefky.

Menurut Teuku Riefky, sosialisi empat pilar yang ?selalu dilaksanakan itu, bisa memunculkan semangat untuk bela negara dan cinta terhadap Tanah Air yang imbasnya bisa mencintai produk dalam negeri.

"Sosialisasi empat pilar kebangsaan sangat penting diikuti para masyarakat agar tak salah dalam mengartikan NKRI.

Sekarang ini banyak paham-paham sesat yang muncul yang bisa menjerumuskan generasi muda ke jurang kebodohan dan kesesatan”.

"Makanya, kami saat ini diwajibkan turun ke dapil masing-masing, untuk melakukan sosialisasi ini. Hal ini dikarenakan rasa dan nilai kebangsaan di masyarakat dirasa telah mulai terkikis dan perlu ditanam kembali," ujar Teuku Riefky.

Untuk itu, Teuku Riefky melanjutkan, sosialisasi dilakukan kepada semua masyarakat, bukan hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak sekolah agar memberikan karakter yang baik bagi calon pemimpin bangsa di masa depan.

"Dalam mengamalkan empat pilar kebangsaan, berarti harus mampu menjaga kerukunan hidup di daerah ini demi mewujudkan bangsa yang maju dan sejahtera. Sehingga, budaya perang harus dihentikan," kata anggota MPR RI asal Aceh itu.

Teuku Riefky menambahkan, dalam bingkai NKRI maka kerukunan bisa tercipta, dan masyarakat hidup tenang. “Masyarakat bisa belajar, bekerja dengan tenang, sehingga otomatis perekonomian akan terangkat dan masyarakat bisa sejahtera. Hal tersebut yang diidam-idamkan oleh seluruh masyarakat Aceh,” ujarnya.[](rel)

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.