05 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Bupati Cek Mad Tentang Pengungsi Rohingya

...

  • PORTALSATU
  • 06 February 2016 22:00 WIB

@Ist
@Ist

LHOKSEUMAWE  -  Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib akrab disapa Cek Mad mengatakan, pihaknya dan Pemerintah Aceh berkomitmen membantu pengungsi Rohingya yang masih tinggal di Kabupaten Aceh Utara. 

Cek Mad menyampaikan itu saat menerima kunjungan tiga peneliti dari lembaga The Sasakawa Peace Foundation (SPF) Jepang, di Pendopo Bupati Aceh Utara, Sabtu, 6 Februari 2016. Para peneliti itu sedang meneliti tentang pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh.

"Demi kemanusiaan, saya siap berbuat yang terbaik untuk siapa pun yang terdampar di Aceh Utara, tidak hanya untuk Rohingya, untuk warga Jepang yang mengalami bencana kita juga siap membantu," ujar Cek Mad, dikutip dari siaran pers diterima portalsatu.com.

Cek Mad memperkirakan pengungsi Rohingya akan tinggal di Aceh sekitar delapan tahun. “Karena menunggu negara ketiga yang mau menampung mereka, kalau belum ada yang menampung maka mereka tidak punya pilihan lain," katanya

Tiga peneliti Jepang itu Akiko Horiba, Mariko Hayashi dan Fumiko Okamtoto. Sebelumnya mereka berkunjung ke Integrated Community Shelter (ICS) Blang Adoe, Kuta Makmur, Aceh Utara. Kunjungan mereka ke shelter pengungsi Rohingya itu juga mengikutsertakan seorang wartawan dari media NHK, Yuko Aizawa.[] (Rel)

Editor: IRMANSYAH D GUCI

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.