20 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Masa libur lebaran
Ini Kata Dishub Soal Tiga Titik Macet di Aceh Utara

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 09 June 2019 21:40 WIB

Kemacetan panjang sebelum Simpang Empat Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Sabtu, 8 Juni 2019 sore. Foto Cut Islamanda/portalsatu
Kemacetan panjang sebelum Simpang Empat Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Sabtu, 8 Juni 2019 sore. Foto Cut Islamanda/portalsatu

LHOKSUKON - Sejak memasuki hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah terjadi kemacetan panjang di tiga titik dalam Kabupaten Aceh Utara, yaitu di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Samudera dan Kecamatan Dewantara. Salah satu faktor penyebab macet adalah bertambahnya jumlah kendaraan setiap tahunnya.

Hal itu disampaikan Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Aceh Utara, Hasanudin saat dihubungi portalsatu.com, Minggu, 9 Juni 2019. Namun diperkirakan, hari ini (Minggu) kemacetan sedikit berkurang karena puncak arus balik terjadi secara bertahap sejak pagi tadi.

“Ada tiga titik macet di Aceh Utara, yaitu Simpang Empat Krueng Geukueh (Dewantara), perbatasan Pantonlabu (Tanah Jambo Aye) dan Keude Geudong (Samudera). Namun, berdasarkan hasil pantauan kita di lapangan untuk hari ini sudah sedikit berkurang, walaupun masih sempat terjadi antrean tapi tidak terjadi macet total. Begitu juga perkiraan untuk malam ini, mudah-mudahan tidak terlalu macet lagi. Karena arus balik sudah terjadi sejak pagi tadi secara bertahap, jadi tidak bersamaan,” ujar Hasanudin.

Menurut Hasanudin, ada dua faktor utama penyebab macet parah, khususnya di tahun 2019 ini. “Bertambahnya jumlah kendaraan, baik roda dua maupun roda empat menjadi salah satu faktor penyebab macet. Kedua, jalur titik macet seperti di Simpang Empat Krueng Geukueh itu sebenarnya memang memerlukan dua jalur, tapi belum ada tanda-tanda akan diusulkan ke depan. Ditambah lagi di situ-kan pusat pertokoan juga, jadi memang ramai. Kalau dihitung per jam, kita perkirakan jumlah kendaraan yang melintas ada 1000-an,” ucapnya.

Di puncak arus balik lebaran, Hasanudin mengimbau, kepada pengendara supaya berhati-hati, jaga jarak aman, dan utamakan keselamatan.

“Jika memang lelah saat berkendara, silakan beristirahat di posko-posko yang telah disediakan di sepanjang jalur lintas Medan – Banda Aceh. Dalam hal ini, Dishub Aceh Utara juga telah menyediakan empat posko. Masing-masing, dua posko di wilayah hukum Polres Aceh Utara, yaitu di Pante Breuh, Pantonlabu dan Terminal Kota Lhoksukon. Sementara untuk Polres Lhokseumawe di Simpang Empat Krueng Geukueh dan Keude Geudong,” pungkas Hasanudin.

Pantauan portalsatu.com, Sabtu, 8 Juni 2019 sore hingga malam kemacetan panjang terjadi di Simpang Empat Krueng Geukueh, mulai dari depan Kompleks PT PIM dari arah Medan menuju Banda Aceh. Sementara di Keude Geudong, kemacetan terjadi mulai dari SPBU Blang Peuria dari arah Banda Aceh menuju Medan. Sementara dari arah Medan menuju Banda Aceh, kemacetan terlihat mulai dari Simpang Ek Treun, Teupin Punti, Kecamatan Syamtalira Aron.

Minggu, 9 Juni 2019, kemacetan juga terlihat di Keude Geudong mulai dari SPBU Blang Peuria untuk arah Banda Aceh menuju Medan, namun antrean tidak sepadat Sabtu sore. Sementara dari arah Medan menuju Banda Aceh, kendaraan tidak terhenti total karena tetap dapat berjalan meski perlahan.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.