26 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Kadis Pertanian Gayo Lues Tentang Penyaluran Bibit Bawang Sebelum Tender

...

  • Win Porang
  • 16 November 2020 15:32 WIB

Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Zakaria [Foto: Win Porang]
Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Zakaria [Foto: Win Porang]

Pengadaan bibit bawang merah dengan pagu anggaran Rp 307.500.000 itu prosesnya sedang tender ulang.

BLANGKEJEREN -- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues, Zakaria angkat bicara terkait sinyalemen di media sosial yang menyebutkan ada indikasi bibit bawang bantuan sudah disalurkan sebelum ditender, pernyataan kontroversi itu dinilai terlalu berlebihan karena tidak sesuai dengan fakta.

Zakaria menjelaskan, tidak mungkin Dinas Pertanian berani menyalurkan bibit bantuan bawang merah sebelum proses tender, apa lagi pemenang tender belum jelas dan kontrak kerja belum bisa dibuat.

"Jadi ada kejanggalan dalam pernyataan pihak rekanan di media sosial, di situ disebutkan pengadaan bibit bawang 41 ton terindikasi sudah disalurkan sebelum tender, padahal anggaran pengadaan bibit bawang merah Rp 307.500.000, apa mungkin dengan anggaran segitu bisa membeli 41 ton bibit," katanya.

Zakaria menambahkan, sumber anggaran untuk pengadaan bibit bawang merah di Gayo Lues tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 ada tiga, yaitu anggaran dari provinsi dengan jumlah bibit 41 ton, prosesnya pengadaan langsung dan sudah disalurkan kepada masyarakat, kemudian pengadaan bibit bawang merah jenis batu ijo dari anggara APBA, kegiatan itu, Gayo Lues hanya sebagai penerima manfaat dan sudah disalurkan, dan yang terakhir adalah pengadaan bibit bawang merah dengan anggaran Rp 307.500.000 yang masih dalam proses tender.

"Jadi tidak benar kalau Dinas Pertanian Gayo Lues sudah menyalurkan bibit bawang merah sebelum tender, yang sudah disalurkan adalah yang 41 ton bibit dan dari Provinsi Aceh, kalau yang masih proses tender ini bagaimana mau menyalurkan kalau pemenang dan kontraknya belum ada," tegasnya.

Sementara Efan Efendi selaku Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Pokja 10 Sekda Kab Gayo Lues yang menangani tender pengadaan bawang merah tersebut mengatakan, pengadaan bibit bawang merah dengan pagu anggaran Rp 307.500.000 itu prosesnya sedang tender ulang.

"Jadi saat proses tender berlangsung ada lima perusahaan yang ikut, kemudian setelah ditetapkan pemenangnya, ada rekanan yang menyanggah, kemudian dilakukan evaluasi lagi, dan akhirnya kami melakukan evaluasi dan tidak ada perusahaan yang memenuhi syarat untuk menang, sehingga diputuskan untuk tender ulang," jelasnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.