17 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Kepala BPBD Soal Banjir di Pidie Jaya

...

  • ZAMAH SARI
  • 23 November 2019 18:30 WIB

Foto: dok. BPBD Pidie Jaya
Foto: dok. BPBD Pidie Jaya

SIGLI - Hujan deras mengguyur Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) sekitar tiga jam pada Jumat, 22 November 2019, malam, mengakibatkan banjir luapan sungai yang sempat merendam empat kecamatan. Tidak ada warga yang mengungsi, karena air cepat surut.

Empat kecamatan yang sempat tergenang meliputi Kecamatan Meureudu,  Meurah Dua,  Trienggadeng dan Pante Raja. Bahkan, Pante Raja sempat terendam hingga Sabtu, pagi.

Luapan sungai Meureudu dan Sungai Pante Raja, Jumat, sekitar pukul 22:00 WIB, dilaporkan sempat merendam 19 rumah yang berada sepanjang aliran sungai.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya, M. Nasir, Sabtu, 23 November 2019, mengatakan, intensitas hujan di kawasan permukiman tergolong sedang, tapi hujan deras turun di penggunungan sehingga membuat debit air sungai meninggi dan terjadi luapan.

"Banjir disebabkan luapan Sungai Meureudu dan Pante Raja setelah terjadi hujan deras di kawasan penggunungan.  Akibat luapan itulah permukiman warga terendam," ujarnya.

Menurut Nasir, Pidie Jaya menjadi langganan banjir di musim penghujan, karena daerah aliran sungai (DAS) sudah dangkal sehingga tidak sanggup menampung air. Kondisi ini mengancam pemukiman warga. 

Oleh karena itu, Nasir meminta Balai Pangairan selaku otoritas yang bertanggung jawab segera menindaklanjuti penanganan melakukan normalisasi kembali DAS agar persoalan banjir luapan akan selesai.

"Persoalan itu harus ditangani serius oleh pihak Balai Pengairan. Jika belum tertangani maka dikhawatirkan setiap masuk musim hujan, Pidie Jaya akan menjadi langganan banjir,” katanya.

Informasi diperoleh portalsatu.com, di Kecamatan Meureudu enam gampong yang sempat digenangi banjir, yakni,  Gampong Lhoknga Meunasah Lhok, Dayah U Paneuk, Grong-grong, Kuta Trieng, dan  Kuta Grulumpang.

Di Kecamatan Meurah Dua, tujuh gampong terendam yaitu Gampong Pante Beureune, Menasah Mancang, Dayah Husen,Dayah Kruet, Blang Cut, Menasah Raya, dan Beuringen.

Sedangkan di Kecamatan Pante Raja, lima gampong yakni  Gampong Lhok Puuk, Tunong, Meunasah Teungoh, Mesjid Panteraja, dan  Muka Blang. Di Kecamatan Trienggadeng, hanya satu gampong yang sempat terendam, yakni Gampong Meucat Pangwa.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.