13 November 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Ketua Fraksi PA Usai Rapat Banmus Terkait Pergantian Ketua DPRA

...

  • Jamaluddin
  • 05 November 2018 21:30 WIB

Iskandar Usman Al-Farlaky dan Tgk. Muharuddin saat diwawancarai para wartawan usai rapat Banmus di DPRA, 5 November 2018. @Jamaluddin/portalsatu.com
Iskandar Usman Al-Farlaky dan Tgk. Muharuddin saat diwawancarai para wartawan usai rapat Banmus di DPRA, 5 November 2018. @Jamaluddin/portalsatu.com

BANDA ACEH - Ketua Fraksi Partai Aceh (PA) DPRA, Iskandar Usman Al-Farlaky, mengatakan, usulan pergantian Ketua DPRA dari Tgk. H. Muharuddin, S.SoS.I., kepada Sulaiman, S.E., hanya reposisi biasa. Bahkan, Fraksi PA meminta Tgk. Muhar tetap memberi advis kepada Sulaiman setelah resmi dilakukan pergantian Ketua DPRA nantinya.

"Ini kan menyangkut kebijakan partai. Bagi kami selaku pimpinan Fraki PA sejak awal mengawal dan mengamankan kebijakan ini agar poses ini cepat, artinya tidak menghambat agenda-agenda DPRA yang lain," ujar Iskandar Usman Al-Farlaky usai rapat Badan Musyawarah (Banmus) di Gedung DPR Aceh, Senin, 5 November 2018, sore.

Rapat Banmus menindaklanjuti usulan pergantian Ketua DPRA dari PA itu berlangsung tertutup sejak sekitar pukul 14.00 WIB hingga waktu salat Asar. Rapat Banmus dipimpin Ketua DPRA, Tgk. Muhar, didampingi Wakil Ketua DPRA, Drs. H. Sulaiman Abda dan H. Dalimi, S.E.Ak.

Hasil rapat Banmus tersebut, DPRA akan menggelar rapat paripurna khusus pada Selasa, 6 November 2018, dengan agenda pengambilan keputusan terkait pengusulan pemberhentian Pimpinan DPRA dari PA.

Baca juga: Usai Pimpin Rapat Banmus Bahas Usulan Pergantian Ketua DPRA, Tgk Muhar Pastikan Tak Menggugat

Al-Farlaky menilai Tgk. Muhar sebagai kader PA sudah menunjukkan sikap yang sangat dewasa. "Beliau juga sudah berdiskusi dengan saya panjang lebar. Beliau bilang sendiri legowo (terkait usulan pergantian Ketua DPRA)," katanya.

"Tadi (dalam rapat Banmus DPRA), yang sangat kami apresiasi sehinga kami beri applause, beliau sendiri (Tgk. Muhar, Ketua DPRA) yang memimpin rapat tentang proses penjadwalan paripurna. Dan besok (Selasa) siang beliau juga yang akan memimpin rapat tentang proses pergantian ini. Dan saat penetapan (Ketua baru DPRA nantinya) beliau juga yang akan memimpin rapat, kemudian akan kita adakan serah terima," ujar Al-Farlaky.

Jadi, Al-Farlaky melanjutkan, proses pergantian Ketua DPRA diharapkan tidak mengganggu kinerja DPR Aceh yang lain, termasuk penetapan APBA 2019.

"Beliau (Tgk. Muhar) juga kami minta untuk tetap berkontribusi, termasuk memberi advis untuk pimpinan yang baru. Karena beliau kan penalamannya sudah banyak sekali, empat tahun lebih kurang memimpin DPRA," kata Al-Farlaky.

"Tentunya bagi kader kami yang baru ini (Sulaiman sebagai calon Ketua baru DPRA) butuh proses untuk mengawal, mengasistensi kebijakan-kebijakan apa yang tetap diambil, yang prorakyat," ujar Ketua Fraksi PA DPRA itu.

Al-Farlaky memperkirakan proses pergantian Ketua DPRA akan tuntas dalam bulan ini. "Kalau cepat, Selasa buat surat menyurat, Rabu suratnya sudah ke Jakarta. Proses (di Kemendagri) bisa jadi seminggu atau di bawahnya. Target seperti itu (bulan ini tuntas)," katanya.

Lihat pula: 'Salam Komando' dengan Tgk. Amat, Tgk. Muhar: Jangan Terjadi Perpecahan di PA/KPA

Dia menegaskan, pergantian Ketua DPRA hanya reposisi biasa. "Tidak ada persoalan khusus yang pimpinan (DPA PA) sampaikan, hanya reposisi biasa. Tentu bagi kami di Fraksi PA, apa yang menjadi kebijakan partai kita laksanakan, kita ikuti," ujar Al-Farlaky.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.