17 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Ketua KIP Aceh Soal Ketua KIP Lhokseumawe

...

  • SIRAJUL MUNIR
  • 13 April 2018 17:00 WIB

 Ridwan Hadi. @Sirajul Munir
Ridwan Hadi. @Sirajul Munir

LHOKSEUMAWE - Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Ridwan Hadi, mengatakan Syahrir M. Daud alias Tgk. Matang masih Ketua KIP Lhokseumawe tapi berstatus “berhalangan tetap”. Dalam rapat KIP Lhokseumawe beberapa waktu lalu diputuskan, komisioner KIP, Abdul Hakim ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh.) Ketua, agar proses administrasi tetap berjalan.

“Tgk. Matang masih Ketua KIP Kota Lhokseumawe. Karena sedang proses hukum, statusnya adalah berhalangan tetap. Jadi belum diberhentikan dari jabatan sebagai Ketua KIP,  pemberhentian beliau adalah kewenangan KPU RI,” kata Ridwan Hadi saat konferensi pers di Kantor KIP Lhokseumawe, Kamis, 12 April 2018.

Sebelum konferensi pers itu, Ridwan Hadi menjumpai Tgk. Matang yang ditahan di Mapolres Lhokseumawe lantaran diduga terlibat kasus sabu.

Ridwan menjelaskan, KIP Aceh sudah melaporkan kasus dugaan penyalahgunaan narkotika itu ke KPU RI berdasarkan laporan dari KIP Lhokseumawe. KPU kemudian meminta KIP Aceh melakukan klarifikasi kepada Tgk. Matang dan pihak KIP Lhokseumawe.

“Jadi kedatangan saya ke Polres Lhokseumawe hanya menunaikan tugas kedinasan sesuai petunjuk KPU, yaitu mengklarifikasi langsung ke Tgk. Matang yang ditahan di mapolres. Saya juga melakukan pertemuan dengan komisioner dan seluruh staf Sekretariat (KIP Lhokseumawe), untuk memastikan semua proses administrasi tetap berjalan dengan baik,” kata Ridwan.

Menurut Ridwan, hasil klarifikasi tersebut akan dilaporkan secara tertulis kepada KPU RI untuk menjadi acuan dalam memutuskan status Tgk. Matang. Lazimnya, pemberhentian terhadap ketua, anggota atau komisioner penyelenggara pemilu diputuskan melalui sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Sebelumnya diberitakan, Ketua KIP Lhokseumawe berinisial S alias Tgk. M ditangkap polisi terkait kasus sabu  di ruang kerjanya, Jumat, 30 Maret 2018, malam. (Baca: Ketua KIP Lhokseumawe Ditangkap).[]

Lihat pula: Polisi: Ketua KIP Lhokseumawe Positif Konsumsi Sabu

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.