20 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Ketua KIP Aceh Soal PSU di Sejumlah TPS

...

  • Rino
  • 23 April 2019 19:25 WIB

PSU di Gampong Meunasah Cut Kec. Nisam, Aceh Utara. Foto Fazil
PSU di Gampong Meunasah Cut Kec. Nisam, Aceh Utara. Foto Fazil

BANDA ACEH  - Pemungutan Suara Ulang (PSU) akan dilakukan pada sejumlah TPS di kabupaten/kota di Aceh. Terdapat sejumlah pelanggaran yang menyebabkan pemungutan suara harus dilakukan ulang. 

Beberapa di antaranya, pencoblosan ganda, hingga memaksa anak di bawah umur ikut pemilu. PSU di antaranya akan dilakukan di Banda Aceh, Aceh Utara, Gayo Lues, Pijay, Aceh Tamiang, dan Langsa. 

Di Aceh Utara, PSU dilakukan hari ini, Selasa, 23 April 2019. PSU dilakukan di 2 tempat pemungutan suara (TPS), yakni TPS 97 di Desa Matang Ulim, Kecamatan Baktiya, dan TPS 38 Desa Meunasah Cut, Kecamatan Nisam. 

PSU dilaksanakan berdasarkan Keputusan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara Nomor 169/HK.04.1-Kpt/1108/KIP-KAB/IV/2019. PSU di 2 TPS ini karena masalah yang sama. 

Menurut Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri, masalahnya karena surat suara lebih dan cadangan, dicoblos beberapa saksi berulang kali. Pengawas TPS yang menemukan pelanggaran tersebut merekomendasikan PSU. 

"Ada kertas suara yang lebih itu, dibagi kepada saksi partai, dicoblos," tutur Syamsul kepada portalsatu.com, Selasa, 23 April 2019, sore.

“Surat suara yang tidak terpakai dan surat suara cadangan dibagikan kepada saksi dan dicoblos,” kata dia lagi.

KIP Aceh telah mendata dan merencanakan PSU di kabupaten/kota lainnya. Untuk saat ini, tercatat sekitar 7 TPS lebih akan dilakukan PSU. 

"Di Nagan Raya dan Simeulue itu belum pasti. Karena, di Nagan Raya itu masalahnya, anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tidak disumpah, entah ketuanya lupa atau tidak. Tinggal Panwas bagaimana melihat," ujar Syamsul.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.