23 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Pejabat Aceh Utara Soal Geuchik ke Lombok

...

  • Fazil
  • 15 July 2018 21:30 WIB

ilustrasi. @ist/net
ilustrasi. @ist/net

ACEH UTARA – Pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DPMPPKB) Aceh Utara menyatakan tidak mengetahui secara detail soal keberangkatan para geuchik ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) tahun ini.

"Saya tidak tahu perihal bimtek itu, karena kita tidak terlibat dalam serangkaian kegiatan tersebut. Secara kepastiannya untuk keberangkatan mereka (geuchik) dengan agenda bimtek, kita tidak mengetahui dengan jelas menyangkut hal itu," kata Sekretaris DPMPPKB Aceh Utara, Mawardi, dikonfirmasi portalsatu.com, Minggu, 15 Juli 2018, sore.

Mawardi menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui bimtek geuchik itu karena mekanismenya ada di masing-masing gampong, baik dari segi anggaran maupun hal lainnya.

"Kalaupun ada kegiatan bimtek seperti yang dimaksudkan itu dengan menggunakan anggaran APBG tentunya melalui musyawarah dengan masyarakat di masing-masing gampong. Karena secara aturan memang dibolehkan. Dalam musyawarah tentu akan dilihat pula apa saja program yang harus diprioritaskan untuk pengembangan di gampong tersebut," ujar Mawardi.

Mawardi berharap bimtek geuchik dapat membawa manfaat untuk gampong masing-masing. "Juga dapat mengahasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya untuk Kabupaten Aceh Utara. Tentu melalui program-program berkualitas seperti  Badan Usaha Milik Gampong (BUMG). Selain itu, sistem pengelolaan dana desa juga harus tepat sasaran dalam menyejahterakan masyarakat," katanya.

Dia mencontohkan, Gampong Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, berhasil meraih juara 1 kategori pengelolaan dana desa se-Provinsi Aceh beberapa waktu lalu. Kata dia, itu salah satu bukti adanya keseriusan aparatur gampong dalam pengelolaan anggaran desa dengan baik, dan bisa menjadi pedoman bagi gampong-gampong lainnya di Kabupaten Aceh Utara.[]

Lihat pula:

22 Juli, Giliran Geuchik dari Kecamatan Ini Terbang ke Lombok

Kata Geuchik di Aceh Utara yang Studi Banding ke Lombok

Sebagian Geuchik Terbang ke Lombok, Ini Kata Ketua Apdesi Aceh Utara

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.