10 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Pemkab Aceh Utara Soal Penanganan Pengungsi Rohingya

...

  • Fakhrurrazi
  • 26 June 2020 19:50 WIB

Andree Prayuda. Foto: dok. RRI
Andree Prayuda. Foto: dok. RRI

LHOKSEUMAWE - Para pengungsi Rohingya yang dievakuasi warga Lancok, Syamtalira Bayu, Aceh Utara, dari laut ke pantai telah ditempatkan di penampungan sementara bekas Kantor Imigrasi kawasan Punteut, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, sejak Kamis, 25 Juni 2020, malam. 

Kebijakan itu diambil Forkopimda setempat atas dasar kemanusiaan dan mengingat sebagian dari mereka merupakan anak-anak. Mereka juga telah dilakukan pemeriksaan melalui rapid test oleh dinas terkait, dan hasilnya tidak terpapar virus corona.

"Jadi kita ambil inisiatif kita bawa mereka ke eks-Kantor Imigrasi, kemudian kita cek dulu kesehatan mereka, karena inikan lagi pandemi Covid-19. Jadi kita rapid test mereka, dan Alhamdulillah hasilnya nonreaktif semua dari 99 orang yang kita cek semalam," kata Kabag Humas Pemkab Aceh Utara, Andree Prayuda, saat dikonfirmasi portalsatu.com, Jumat, 26 Juni 2020.

Menurut Andree, pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk UNHCR, untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya. "Saat ini kita kesulitan di bahasa dan kita sudah ngomong dengan UNHCR. Jadi mereka menghubungi pihak pusat, besok ahli bahasa dari UNHCR mungkin sudah sampai ke Aceh dan besok baru diregistrasi semua," ujar Andree.

Berdasarkan informasi, kata Andree, tujuan para pengungsi Rohingya tersebut bukan ke Tanah Rencong. Mereka, lanjut Andree, kabur dari negara asalnya untuk mencari suaka politik kemudian terdampar di perairan Aceh Utara, Rabu, 24 Juni 2020, siang. "Berdasarkan informasi yang saya terima di luar, tujuan mereka bukan ke kita. Mereka ingin mencari suaka politik. Cuma kita kan masih penasaran kenapa bisa kapal mereka tenggelam," ucapnya.

Andree menyebut Pemkab Aceh Utara dan pihak lainnya sudah memberikan bantuan logistik untuk para imigran Rohingya yang sekarang ditempatkan di penampungan sementara di Lhokseumawe.

"Dari Pemkab kita udah bantu, dari Korem juga udah bantu, dari Polres juga udah bantu, dari ACT juga semalam udah bantu, untuk beberapa hari ini cukuplah. Tapikan kita tidak tahu sampai kapan, mungkin ada LSM yang mau bantu kita silakan bisa melalui UNHCR atau ACT," pungkasnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.