24 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Rektor IAIN Lhokseumawe Soal Pencegahan Narkoba

...

  • Fazil
  • 12 March 2019 17:25 WIB

Foto: Fazil
Foto: Fazil

LHOKSEUMAWE - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, Dr. H. Hafifuddin, M.Ag., mengatakan, aparatur desa perlu melakukan penguatan pemahaman dan penyadaran tentang persoalan narkoba. Selain itu, harus memahami peran dan rasa tanggung jawab sebagai keuchik, serta memiliki kesadaran untuk menangani, menangkal, memberantas peredaran narkoba di tingkat gampongnya masing-masing.  

"Berkenaan ini kita (IAIN) juga akan berupaya untuk berperan lebih aktif, dan tidak hanya memfungsikan perannya di dalam kampus. Tetapi kampus juga bergerak di tengah masyarakat terutama dalam memberikan informasi tentang bahaya narkoba," kata Hafifuddin kepada portalsatu.com usai menjadi pemateri sosialisasi pencegahan dan penanganan narkoba digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh di Hotel Lido Graha Lhokseumawe, 12 Maret 2019. Sosialisasi itu diikuti ratusan aparat desa dari Aceh Utara.

Hafifuddin menyebutkan, pentingnya memahami tentang sesuatu yang membahayakan diri untuk dapat mengembangkan diri yang lebih baik ke depan. Kata dia, pencegahan narkoba sejak dini itu sangat perlu dilakukan, bukan hanya memberantas. Jika hanya memberantas maka sulit karena mereka (pemasok narkoba) sangat gencar melakukan serangan terhadap Aceh khususnya.

 "Karena kita melihat pemasok narkoba ke Aceh selama ini adalah orang asing, mereka terus mengirim narkoba berton-ton ke Indonesia dan Aceh. Tentunya ini sangat berbahaya sekali apabila tanpa kita melakukan pencegahan sejak awal untuk menyelamatkan generasi muda," ujar Hafifuddin. 

Pada dasarnya, lanjut Hafifuddin, barang (narkoba) itu bukan orang Aceh yang membelinya, tetapi pihak asing yang memasukkan berbagai jenis narkoba ke Aceh sehingga muncullah berbagai kejadian yang selama ini kerap terjadi di tengah masyarakat.

"Oleh karenanya, mari secara bersama-sama kita memberikan edukasi serta meningkatkan peran dari berbagai elemen masyarakat dalam melakukan pencegahan narkoba. Ini menjadi masalah serius jika tidak dibendung dari dasar hingga tingkat atas," ungkapnya.

Selain Hafifuddin, pemateri lainya dalam sosialisasi itu Ketua Umum Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab akrab disapa Tu Sop, dan Kasat Narkoba Polres Aceh Utara, AKP Ildani Ilyas.

Sosialisasi dibuka oleh anggota DPRA, Tgk. Muharuddin, turut dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Aceh Drs. Mahdi Effendi, diwakili Kepala Bidang Ekonomi, Sosbud dan Ormas Kesbangpol Aceh, Drs. Kahar Muzakir, Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkyan Milyardin, dan pihak Badan Kesbangpol Aceh Utara.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.