18 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata Tgk. Muhar Usai Pimpin Sidang Pemberhentian dan Penggantian Ketua DPRA

...

  • Jamaluddin
  • 06 November 2018 18:40 WIB

Ketua DPRA, Tgk. H. Muharuddin. @dok. portalsatu.com/Jamaluddin
Ketua DPRA, Tgk. H. Muharuddin. @dok. portalsatu.com/Jamaluddin

BANDA ACEH - Ketua DPRA, Tgk. H. Muharuddin, S.Sos.I., M.M., memimpin rapat/sidang paripurna khusus untuk pemberhentian dan penggantian Ketua DPRA, di Gedung Utama DPR Aceh, Selasa, 6 November 2018, menjelang sore.

Para anggota DPRA yang hadir menerima usulan dan rancangan keputusan tersebut untuk ditetapkan menjadi Keputusan DPRA. Dengan demikian, sidang paripurna khusus itu menjadi rapat yang terakhir kalinya dipimpin dan ditutup oleh Ketua DPRA, Tgk. Muharuddin atau Tgk. Muhar. Setelah rapat paripurna khusus tersebut, Tgk. Muhar menjadi anggota DPRA.

Menjawab para wartawan usai memimpin rapat paripurna khusus itu, Tgk. Muhar mengatakan, selanjutnya Keputusan DPRA akan dikirim kepada Mendagri melalui Gubenur Aceh. "Setelah (nantinya) turun SK dari Mendagri, maka Sulaiman, S.E., MSM., akan dilantik dalam sidang paripiurna istimewa, baru kemudian beliau akan melanjutan estafet sebagai Ketua (pengganti) definitif DPRA," ujar Tgk. Muhar.

Tgk. Muhar mengatakan, dirinya kini tidak lagi mengemban tugas sebagai Ketua DPRA. "Masalah administrasi seperti memimpin rapat, surat menyurat segala macam, itu memang sudah ditentukan dalam pasal 37 (pasal 36, red) ayat 4 PP Nomor 12 Tahun 2018. Setelah (Ketua) diberhentikan, Wakil Ketua I, II, III, akan duduk bersama, berembuk akan menunjuk satu orang untuk melaksanakan tugas sebagai Ketua sampai ditetapkan Ketua (pengganti) definitif," katanya.

"Selanjutnya saya akan menyesuaikan dengan status saya setelah diberhentikan, berarti sebagai anggota biasa. Artinya, mulai hari ini setelah diberhentikan, saya tidak lagi menjalankan tuas sebagai Ketua DPRA. Proses administrasi segala macam akan dilimpahkan kepada pimpinan yang lain," ujar Tgk. Muhar.

APBA 2019 jangan molor

Ditanya tanggapannya soal pergantian Ketua DPRA di pengujung tahun atau menjelang "ketuk palu" APBA 2019, Tgk. Muhar mengatakan, "Saya berharap dukungan dari pimpinan-pimpinan yang lain dan juga anggota DPRA, rencana kita tanggal 30 November (2018) sudah bisa ketuk palu APBA (2019) mudah-mudahan tidak molor, tidak terganggu dengan pergeseran (reposisi Pimpinan DPRA) ini, karena pimpinan kolektif kolegial. Mudah-mudahan sinergisitas antara pimpinan dengan anggota akan terus dapat dibangun".

"Juga Prolega (Program Legislasi Aceh) yang menjadi prioritas tahun 2018 ini, mudah-mudahan kita harapkan tidak terganggu, sehingga pada akhirnya DPRA dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan kewenangan yang diberikan konstitusi," kata Tgk. Muhar.

Diberitakan sebelumnya, Tgk. Muhar menyatakan menerima kebijakan Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA PA) terkait usulan pergantian dirinya sebagai Ketua DPRA. Kader PA yang akrab disapa Tgk. Muhar ini memastikan tidak akan menggugat ke pengadilan.

"Saya pikir itu sudah dipikir matang-matang oleh pimpinan DPA PA. Saya sebagai kader PA tentu harus menerima, taat terhadap keputusan tersebut. Tidak mempertanyakan kenapa atau mengapa," ujar Ketua DPRA, Tgk. Muhar, menjawab para wartawan, usai memimpin rapat Badan Musyawarah (Banmus) di Gedung DPR Aceh, Senin, 5 November 2018, sore.

Rapat Banmus itu menindaklanjuti usulan pergantian Ketua DPRA dari PA. Hasil rapat Banmus tersebut, DPRA akan menggelar rapat paripurna khusus pada Selasa, 6 November 2018, dengan agenda pengambilan keputusan terkait pengusulan pemberhentian Pimpinan DPRA dari PA.

Untuk diketahui, Pimpinan DPA PA mengusulkan pergantian Ketua DPRA dari PA melalui surat tanggal 29 Oktober 2018. Tgk. Muhar yang selama ini menjabat Ketua DPRA, diusulkan diganti dengan Sulaiman alias Tgk. Amat, yang saat ini merupakan anggota DPRA.(Baca juga: Usai Pimpin Rapat Banmus Bahas Usulan Pergantian Ketua DPRA, Tgk Muhar Pastikan Tak Menggugat)[]

Lihat pula: 'Salam Komando' dengan Tgk. Amat, Tgk. Muhar: Jangan Terjadi Perpecahan di PA/KPA

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.