26 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Penjelasan Disdik Pidie Soal Dana Life Skill Rp792 Juta

...

  • ZAMAH SARI
  • 20 November 2020 17:45 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SIGLI - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pidie sudah merealisasikan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2020 untuk kegiatan Pendidikan Pelatihan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) Rp792 juta. Dari 175 peserta yang dianggarkan, hanya diikuti 150 peserta dari berbagai kecamatan.

Plt. Kepala Disdik Pidie Ridwandi Abbas kepada portalsatu.com, Kamis, 19 November 2020, mengatakan program Pendidikan Pelatihan Life Skill sudah dilaksanakan dengan memakan waktu 17 hari. Kegiatan dimulai 27 Agustus yang pembukaannya digelar di Cempaka Hotel, Kota Sigli.

"Kegiatan yang semula dijadwalkan 175 peserta tetapi hanya diikuti 150 peserta dari warga putus sekolah," kata Ridwandi yang mengaku kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan Covid-19.

Adapun lokasi pelatihan, menurut Ridwandi dilakasanakan di tempat usaha kerajinan sesuai dengan daftar yang direncanakan. Ada 5 bidang kerajinan yang dilatih kepada para peserta sesuai keahlian masing - masing, yakni kupiah mukeutop, rias pengantin, kupiah riman, pertukangan dan instalatur listrik.

"Karena Covid- 19, acara pembukaan kita gelar dua gelombang, pagi dan sore. Untuk pagi saya sendiri yang buka, sedang sore rencana dibuka Sekda tetapi diwakili Staf Ahli, Mukhtar," ucapnya.

Dari total dana Rp792 juta jika dibagi 150 peserta, maka masing-masing peserta dibiayai Rp 5 juta lebih. Namun menurut Ridwandi dana itu semua dipergunakan untuk kegiatan hingga uang saku peserta. 

"Semua biaya peserta, instruktur atau pelatih dan transportasi serta uang saku ditanggung dalam dana tersebut," ungkapnya yang mengaku para peserta sudah siap pakai dilatih. Bahkan mereka sudah bisa membuka usaha sendiri dalam rangka menafkahi keluarganya. 

Adapun dana DOKA tahun 2020 untuk pelatihan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) ditempatkan pada Bidang Pendidikan Non-Formal Disdik Pidie. 


Sebelumnya diberitakan, Dinas Pendidikan Pidie melalui Bidang Pendidikan Non-Formal mendapatkan anggaran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2020 untuk Pendidikan Pelatihan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) Rp792 juta. Dana itu untuk melatih 175 pemuda putus sekolah. 

Alokasi dana untuk program pelatihan 175 pemuda sebanyak Rp700 juta lebih mengundang perhatian sejumlah kalangan di Kabupaten Pidi. Pasalnya kondisi selama ini pandemi Covid -19 yang banyak kegiatan dikurangi bahkan proses belajar di sekolah pun ditiadakan. Namun bagaimana kegiatan pelatihan itu dilaksanakan.


Penggiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Teuku Musliadi meminta pelaksanaan kegiatan yang bersumber dana pemerintah harus dilakukan secara tetap sasaran, transparan dan penuh tanggung jawab. Itu semua, lanjutnya, demi tercapainya target dan sasaran pembangunan.

"Kalau kegiatan pelatihan Life Skill bagi pemuda saya kira program bagus. Namun kita khawatir program itu tidak tepat sasaran dan hanya dilaksanakan asal sudah bisa diamprah dana saja. Jika itu terjadi sangat kita sesalkan," ungkap Musliadi yang juga praktisi hukum, Kamis, 12 November 2020.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.