20 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Pidato Erdogan saat Resmikan Masjid Terbesar di Turki

...

  • KUMPARAN.com
  • 04 May 2019 12:00 WIB

Masjid Grand Camlica di Istanbul. Foto: REUTERS / Murad Sezer
Masjid Grand Camlica di Istanbul. Foto: REUTERS / Murad Sezer

Presiden Recep Tayyip Erdogan meresmikan masjid terbesar di seantero Turki, Masjid Camlica, Jumat, 3 Mei 2019, waktu setempat.

Pembanguan Masjid Camlica dimulai pada 2013. Masjid tersebut dapat menampung 63 ribu jemaah.

Kapasitas masjid ini melebihi masjid terbesar di Turki dahulu yaitu Masjid Sabanci. Masjid yang dibuka pada 1998 di Provinsi Adana itu dapat menampung 28.500 jemaah.

Arsitektur Masjid Camlica merupakan perpaduan antara gaya Ottoman dan Seljuk. Lokasi masjid ada di sisi Asia dari kota Istanbul.

Masjid tersebut memiliki enam menara yang mewakili enam rukun iman yaitu percaya kepada Allah, kepada Malaikat Allah, kepada kitab-kitab Allah, kepada Rasul Allah, kepada hari kiamat, kepada Qadha serta Qadhar.

Saat menyampaikan pidato pembukaan Masjid Camlica, Erdogan menyinggung soal penyerangan ke tempat ibadah yang beberapa kali terjadi belakangan ini.

"Penyerangan atas nama agama di tempat ibadah dan warga sipil adalah terorisme bukan jihad," sebut Erdogan, seperti dikutip dari AlJazeera, Sabtu (4/5).

"Mereka yang menyerang masjid dan gereja punya mental gelap, mereka adalah musuh kemanusiaan," sambung dia.

Tak cuma diresmikan Erdogan, pembukaan masjid ini juga dihadiri beberapa pemimpin dunia seperti Presiden Albania Ilir Meta, Presiden Guinea Alpha Conde, Presiden Senegal Macky Sall dan PM Palestina Mohammad Shtayyeh.

Penulis: Andreas Gerry Tuwo.[]Sumberkumparan.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.