12 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Proyek Pemko Lhokseumawe di Pasar Inpres dan Pasar Induk Tahun 2020

...

  • PORTALSATU
  • 11 July 2020 14:00 WIB

Kepala Disperindagkop-UKM Lhokseumawe, Ramli. Foto: dok. portalsatu.com
Kepala Disperindagkop-UKM Lhokseumawe, Ramli. Foto: dok. portalsatu.com

LHOKSEUMAWE – Pemerintah Kota Lhokseumawe akan membangun kios dan penataan halaman Pasar Inpres dengan anggaran tahun 2020. Selain itu, pembangunan jalan, saluran dan kelengkapannya di Kompleks Pasar Induk Lhokseumawe.

Anggaran proyek itu dialokasikan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Lhokseumawe.

Data diperoleh portalsatu.com, Kamis, 9 Juli 2020, dalam Rencana Umum Pengadaan (RUP) Disperindagkop-UKM Lhokseumawe tahun anggaran 2020, paket pembangunan sarana dan prasarana Kompleks Pasar Induk Terpadu Kota Lhokseumawe dengan pagu Rp1.447.162.500. Keterangan uraian pekerjaan tertulis “pekerjaan jalan dan saluran beserta kelengkapan lainnya”. Ada pula belanja penambahan daya listrik dari 10.600 VA ke 131.000 VA pada Pasar Induk Terpadu Kota Lhokseumawe Rp192 juta.  

Sedangkan paket pembangunan kios dan penataan halaman Pasar Inpres pagunya  Rp777 juta.

Hasil penelusuran pada laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Lhokseumawe, kedua paket pekerjaan konstruksi itu belum ditender.

Kepala Disperindagkop-UKM Lhokseumawe, Ramli, dikonfirmasi portalsatu.com melalui telepon seluler, Kamis (9/7) sore, mengakui proyek itu akan dilaksanakan tahun ini. Menurut Ramli, paket pembangunan kios dan penataan halaman Pasar Inpres itu bersumber dari Dana Otonomi Khusus (Otsus).

Ramli menjelaskan, mulanya Disperindagkop-UKM Lhokseumawe mengusulkan anggaran pembangunan kios dan penataan halaman Pasar Inpres senilai Rp900 juta lebih. Namun, kata dia, karena terjadi refocusing dan realokasi anggaran tahun 2020 untuk penanganan Covid-19, pagu paket tersebut setelah rasionalisasi berkurang menjadi Rp777 juta. “Mudah-mudahan (paket itu) segera dilelang,” ujarnya.

Seperti diketahui, sebagian bangunan Pasar Inpres Lhokseumawe ludes terbakar, Kamis (9/7), dinihari. Lantas, apakah rencana pembangun kios dan penataan halaman Pasar Inpres itu masuk dalam lokasi kebakaran?

“Enggak. Bukan. Inikan (lokasi akan dibangun baru) di depan, samping Kantor Satpol PP. (Bangunan) yang terbakar di belakang dan samping,” tutur Ramli.

Ramli menjelaskan, di lokasi akan dibangun kios baru dan penataan halaman pasar tersebut sudah ada tiga bangunan lama yang dibuat masyarakat dan selama ini menghasilkan retribusi bagi Pemko Lhokseumawe. “Maka harapan kita bangunan tersebut kita bangun kembali sesuai dengan bangunan yang sudah ada tiga unit itu sebagai percontohannya”.

“Jadi, akan dibangun baru oleh pemko, sehingga nanti lebih representatif, sama semua, jangan ada yang besar ada yang kecil, sesuai ukuran kita punya semua. Selanjutnya, kita kembalikan kepada masyarakat yang berjualan di situ,” ujar Ramli.

Sedangkan paket pembangunan sarana dan prasarana Kompleks Pasar Induk Terpadu Kota Lhokseumawe dengan pagu Rp1,4 miliar lebih, Ramli mengatakan, “Itu rencananya untuk kita finalisasi jalan aspal dalam kompleks, karena sebagian belum teraspal. Selanjutnya saluran airnya, juga anggaran itu”.

Catatan portalsatu.com, Pasar Induk berlokasi di Jalan Lingkar Gampong Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, dibangun sejak tahun 2015.

Data diperoleh dari laman resmi LPSE Kota Lhokseumawe, tahun 2015 pembangunan Pasar Induk Kota Lhokseumawe tahap I nilai pagu Rp2,75 miliar lebih. Tahun 2016 pembangunan tahap II Rp4,85 miliar lebih. Tahun 2017, pembangunan tahap III Rp2,5 miliar.

Tahun 2018, nama paketnya menjadi biaya jasa konstruksi fisik pembangunan/revitalisasi Pasar Rakyat Induk Terpadu Kec. Banda Sakti Rp5,80 miliar lebih bersumber dari APBN. Tahun 2018 juga ada paket biaya jasa konstruksi fisik pembangunan/revitalisasi Pasar Rakyat Ujong Blang Rp5,68 miliar lebih, juga dari APBN.

Namun, setelah diresmikan bersamaan dengan pembukaan Pameran Kota Lhokseumawe, 11-17 November 2019, Pasar Induk Lhokseumawe itu belum difungsikan. (Baca: Setelah Diresmikan, Pasar Induk Lhokseumawe Belum Difungsikan)[](nsy/*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.