24 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Saran Legislator Bahagia Maha Terkait Tenaga Kontrak

...

  • SUDIRMAN
  • 22 January 2020 21:00 WIB

Bahagia Maha. Foto: dok. portalsatu.com
Bahagia Maha. Foto: dok. portalsatu.com

SUBULUSSALAM - Wakil Ketua Komisi A DPRK Subulussalam, Bahagia Maha menanggapi rencana pemberhentian atau pemutusan tenaga kontrak di lingkungan pemerintah Kota Subulussalam.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyarankan kepada Pemerintah Kota Subulussalam untuk mencari solusi terbaik terkait masa depan tenaga non PNS tersebut.

Bahagia Maha meminta pihak eksekutif harus mempertimbangkan para tenaga kontrak yang sudah mengabdi belasan tahun. Menurutnya, tidak elok jika secara tiba-tiba mereka diberhentikan begitu saja, menimbulkan rasa kekecewaan yang mendalam bagi mereka.

Sebenarnya, kata Bahagia Maha, ia sepakat dengan perampingan tenaga kontrak, mereka yang tidak aktif jarang masuk kantor lebih baik diberhentikan saja. Namun harus melalui tahapan evaluasi terhadap kinerja mereka selama ini, dilakukan secara objektif.

"Saya sepakat dengan wacana itu akan tetapi perlu melalui tahapan evaluasi terhadap tenaga honor yang kurang aktif dan kurang disiplin," kata Legislator Bahagia Maha kepada portalsatu.com dalam siaran persnya, Rabu 22 Januari 2020 menanggapi terkait rencana perampingan tenaga kontrak di lingkungan Pemko Subulussalam.

Ketua Fraksi Granat DPRK Subulussalam menambahkan, pemerintah diperbolehkan merekrut tenaga kontrak atau disebut sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebagai mana diatur dalam PP Nomor 49 Tahun 2018.

"Tentu harapan kami kepada kepala daerah  dalam menjalankan aturan ini nantinya, harus bisa memproritaskan bagi tenaga honor yang sudah lama mengabdi, dan yang mempunyai skill atau keahlian di bidang masing-masing sesuai kebutuhan daerah," timpalnya kembali.

Menurutnya hal ini penting disampaikan, mengingat sebahagian para tenaga kontrak sudah lama mengabdi, apalagi mereka disiplin dalam menjalankan tugas, mereka tentu menaruh harapan untuk diangkat menjadi  PNS di Pemko Subulussalam. 

"Karena tujuan pemekaran Kota Subulussalam dari Kabupaten Aceh Singkil, selain untuk memperpendek rentang kendali. Juga untuk membuka ruang tenaga kerja khususnya kepada masyarakat di lima kecamatan di Kota Subulussalam," ungkapnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.